Jokowi Kembali Gelar OTT, 14 Orang Diamankan

Jokowi Kembali Gelar OTT, 14 Orang Diamankan
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Cibinong - Di awal tahun 2020, Kasi Penyelidikan dan Penyidikan Bidang Penegakan Perda Satpol PP Kabupaten Bogor Joko E Widodo (Jokowi) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pembuang sampah sembarangan.

Dalam kegiatan OTT di Jalan Raya Bogor Km 43, fly over Cibinong, dan Jembatan PDAM di Bojonggede itu Satpol PP berhasil mengamankan 14 orang pembuang sampah sembarangan.

"Dalam OTT yang dilaksanakan hari ini, mulai pukul 04.30-06.30 WIB, Satpol PP Kabupaten Bogor berhasil mengamankan 14 pembuang sampah sembarangan di beberapa lokasi yaitu Jembatan PDAM Bojonggede, fly over Cibinong, dan Jalan Raya Bogor Km 43 Cibinong," ujar Jokowi, Kamis (16/1/2020).

Dia menerangkan, ke-14 orang pembuang sampah sembarangan itu setelah diamankan petugas Satpol PP langsung didata kependudukannya.

"Kartu tanda  pengenal para pembuang sampah kami tahan. Mereka akan mengambilnya ketika usai menghadiri sidang Tipiring (tindak pidana ringan) di Pengadilan Negeri Cibinong pada Kamis, (23/1/2020) pekan depan," terangnya.

Jokowi menegaskan, para pembuang sampah sembarangan ini akan dijerat dengan Perda Nomor 2 tahun 2014 tentang pengendalian sampah dan Perda Nomor 4 tahun 2015 tentang ketertiban umum.

"Dengan dijerat dua Perda tersebut, para pembuang sampah sembarangan terancam sanksi denda Rp50 juta atau ancaman kurungan selama 3 bulan penjara," tegas Jokowi.

Menanggapi masih banyak warga yang masih membuang sampah sembarangan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor Panji Ksatriyadji menyebutkan budaya membuang sampah pada tempatnya hingga saat ini belum terpatri di benak masyarakat.

"Masyarakat masih kerap membuang sampah secara sembarangan. Padahal untuk wilayah Cibinong dan lainnya kami sudah banyak menyediakan tempat pembuangan sampah. Kami mengimbau agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan lagi baik di jalanan, sungai atau pun lainnya," ucap Panji. (Reza Zurifwan)