Kesbangpol Kab Bandung Imbau Warga Waspadai Kelompok Sunda Empire

Kesbangpol Kab Bandung Imbau Warga Waspadai Kelompok Sunda Empire

INILAH, Bandung - Sebuah kelompok yang bernama Sunda Empire kini menggegerkan warga Jawa Barat akhir-akhir ini. Kemunculan kelompok ini dinilai mirip dengan Kerjaaan Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. 

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung kini tengah mendalami keberadaan kelompok Sunda Empire itu. 

"Kami sedang dalami. Karena keberadaan kelompok ini mirip dengan Kerajaan Agung Sejagat," kata Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bandung Imam Irianto, Jumat (17/1/2020).

Menurut Imam, dari hasil penelitian sementara Sunda Empire menyebarkan paham adanya harta peninggalan presiden pertama Indonesia Sukarno hingga harta peninggalan kerajaan Sunda kuno. Kata dia, di Kabupaten Bandung sendiri belum ada informasi terkait warga yang mengikuti kelompok Sunda Empire. Meski demikian, ia mengimbau warga Kabupaten Bandung untuk mewaspadai keberadaan kelompok tersebut. 

"Kelompok ini mengarah kepada penipuan. Motif-motifnya hampir sama dengan Kerajaan Agung Sejagat," ujarnya. 

Kelompok seperti Sunda Empire, kata dia, memang banyak muncul di masyarakat karena menyebarkan paham-paham harta karun peninggalan kerajaan ataupun harta milik Bung Karnio. 

Kebanyakan kelompok-kelompok yang serupa seperti itu menyasar masyarakat kalangan menengah ke bawah. Modusnya sendiri kelompok seperti itu meminta sejumlah uang kepada calon anggotanya. 

"Maka dari itu kami imbau kepada masyarakat agar segera melapor jika mengetahui adanya keberadaan kelompok Sunda Empire atau kelompok-kelompok serupa," kata dia. (Dani R Nugraha)