Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung memiliki salah satu ekskul yang memberikan rasa percaya diri kepada siswa-siswinya. Ekskul apakah ini? Namanya ekskul Sinematografi.

Sinematografi adalah ilmu terapan yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan sekaligus menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang memililki kemampuan menyampaikan ide dan cerita.

Lalu bagaimana anak-anak setingkat SD membuat Sinematografi yang baik dan benar? Ya, di SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung memiliki pembelajaran yang menarik siswa. Dia belajar memainkan peran antagonis, peran cuek dan lainnya, dan tentunya ada seorang pelatih yang membimbing siswa-siswinya.

"Tujuan, anak-anak bisa kelihatan membuat film dan memerankan sebagai apa, sampai mereka membuat skenario dan pada akhirnya dengan anak ikut Sinematrografi ini keberanian dan percaya diri itu tumbuh bagi anak-anak, karena itu menjadi satu motivasi dengan dia percaya diri dan lainnya," ujar Kepala SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung Enden Mustopa kepada INILAHKORAN di Jalan Cikutra, Jumat (17/1/2020).

Sebetulnya kata Enden, Sinematografi memiliki kegiatan rutin satu minggu hanya satu kali. Misalnya anak-anak memainkan peran ceria, antagonis, cuek dan lainnya. Disana anak-anak lebih ke baca tentang karakter tersebut. Misalnya, mereka lebih tahu bagaimana memerankan sosok-sosok yang diinginkan film tersebut.

"Selama satu semester membuat satu film, filmnya itu dibuat studio di umumkan dari kelas satu sampai enam dan itu tidak ada paksaan, namun dari prosesnya antusias luar biasa dari anak-anak dari hasil karya dari temannya. Yang buat sebetulnya pelatih, tapi kisah ceritanya semua anak," imbuh Enden.

Dia menambahkan, manfaat dari kegiatan ini menumbuhkan rasa percaya diri, termotivasi untuk tampil di depan orang dan anak-anak memiliki keberanian yang tinggi dia tampil di depan publik.

"Harapan dari kegiatan tersebut adalah sekolah otomatis terbawa, makin percaya diri tampil di depan publik," tambah Enden. (Okky Adiana)