Alun-alun Empang Dibangun Akhir Januari 2020

Alun-alun Empang Dibangun Akhir Januari 2020
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Pemkot Bogor akhirnya bisa memulai penataan kawasan kampung Arab di Empang, Kecamatan Bogor Selatan pada akhir Januari ini. Sebagai awal, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan pihaknya akan menata ulang Alun-alun Empang. 

"Rencananya, minggu depan Wali Kota Bogor Bima Arya meletakkan batu pertama pembenahan Alun-alun Empang," kata Dedie saat peninjauan lokasi, Jumat (17/1/2020).

Menurutnya, selama ini Pemkot Bogor berusaha mempertemukan sejumlah pihak terkait dan akhirnya sepakat di lahan 2905 meter persegi itu akan dibuat ruang terbuka hijau (RTH) dan dikembalikan fungsinya sebagai alun-alun. 

"Kami mempertemukan PT Dian Graha Afiah, Yayasan At Thohiriya, dan pihak keluarga selaku ahli waris dari Alun-alun Empang yang merupakan tanah wakaf almarhum H Idris. Dari rembugan itu, akhirnya dihasilkan 31 Januari 2020 akan dilakukan proses penitipan sertifikat dan peletakan batu pertama," jelasnya.

Dedie menyebutkan, penataan ulang itu diperkirakan memakan waktu selama enam bulan. Nantinya, di lokasi itu terdapat fasilitas publik dan lahan parkir kendaraan bermotor roda dua dan empat. Selain itu, pihaknya memfasilitasi pelaku usaha kecil untuk tetap berjualan daging. 

"Tempat kuliner juga nanti akan ditata. Yang pasti akan ada areal joging track, lapangan basket, senam dan olah raga lainnya yang dilengakapi pedestrian," tambahnya. 

Sementara itu, Camat Bogor Selatan Hidayatullah mengatakan pihaknya melakukan pendekatan dan mengedukasi kepada PKL sekitar Alun-alun Empang sehingga diputuskan akan dilakukan mengambil langkah win-win solution.

"Ini pedagang akan difasilitasi juga. Mereka akan ada di dalam kawasan dan memanusiakan PKL atau ditata sesuai grand design. Total, ada 70 PKL yang berdagang di sekeliling alun-alun. Diharapkan, tempat ini akan menjadi ikon karena sejak 1980 pedagang daging kambing sudah ada. Karena, tahuan 1980an dahulu saya masih SMP diajak orang tua makan daging kambing ke Alun-alun Empang ini," pungkasnya. (Rizki Mauludi)