AFP Siap Gelar 11 Kompetisi Futsal Pada Tahun 2020

AFP Siap Gelar 11 Kompetisi Futsal Pada Tahun 2020
istimewa

INILAH, Bandung - Sebanyak 11 Kompetisi siap digelar Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Barat pada tahun 2020. Satu diantaranya yang menarik Liga Futsal Santri Jawa Barat.

Manager Kompetisi AFP Jabar, Bara Yusuf mengatakan, kompetisi futsal untuk santri, merupakan yang pertama digelar AFP Jabar. Pasalnya, sejauh ini kompetisi futsal profesional khusus untuk santri baru ada di sepakbola.

"Itu kan emang ide dari exco, saat ini liga santri itu baru sepakbola, kenapa tidak kita yang futsal juga, makannya kita coba, ini kompetisi baru di AFP," ucap Bara saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (18/1/2020).

Bara menjelaskan, kompetisi futsal santri jawa barat juga diharapkan dapat merubah stigma masyarakat terhadap kaum santri.

"Itu juga kami ingin menghapus stigma santri tidak hanya berprestasi di bidang agama saja," ujar Bara.

Rencananya, lanjut Bara, kompetisi tersebut akan digelar pada Hari Santri Nasional. Hal itu dinilainya, sebagai bentuk apresiasi terhadap kaum santri.

"Itu rencanya akan digelar nanti pas hari santri, jadi antara oktober," ujar Bara.

Terpisah, Eksekutif Komite Kompetisi AFP Jabar Hendra Guntara, mengungkapkan, selain liga santri, pada tahun 2020 juga akan ada kompetisi baru, yaitu Piala Sumpah Pemuda.

Rencananya, lanjut Hendra, Piala Sumpah Pemuda nantinya akan diikuti oleh Ormas dan OKP di Jawa Barat atau tim amatir dari Komunitas.

"Kita gelar juga liga futsal yang amatirnya, kaya komunitas namanya piala sumpah pemuda, yang akan berlaga itu ormas dan okp, tapi yang pasti itu untuk pemain amatir," ungkap Hendra.

Hendra menuturkan, kompetisi tahun 2020 dan seterusnya harus lebih baik dengan mengedepankan Integritas Organisasi. Sehingga, futsal di Jawa Barat dapat menjadi barometer olahraga futsal di Indonesia.

"AFP Jawa Barat harus tetap menjadi barometer futsal tanah air sejak kebulatan tekad futsal jawa barat ditasbihkan. Menjadi Pilot Project Kompetisi yang moderenisasi dengan tata kelola yang profesional," pungkas Hendra.

Perlu diketahui, berikut 11 Kompetisi yang akan digelar AFP Jabar pada Tahun 2020:
1. Piala AFP antar Afkot /Afkab putra & putri
2. Linus seri A
3. Linus Seri B
4. Linus U17
5. Piala putri u19 jawa barat
6. Piala Gubernur Jawa Barat/Piala Kadispora Jawa Barat
7. Turnamen futsal piala sumpah pemuda
8. LIFUMAJAB (Liga Futsal Mahasiswa Jabar)
9. Linus U15
10. Super cup pelajar putra & putri
11. Liga Futsal Santri Jawa Barat. (Ridwan Abdul Malik)