Petik Manfaat dan Ilmu di UKM

Petik Manfaat dan Ilmu di UKM
UKM Wanasatrya STBA Yapari ABA, Bandung. (okky adiana)

BUKAN sekadar UKM, Wanasatrya STBA Yapari ABA, Bandung, memiliki tingkat kekeluargaan yang sangat erat antaranggotanya, baik sesama mahasiswa maupun alumni.

Tak bisa dimungkiri, sebagian mahasiswa mungkin saja mereka menganggap jika aktif di satu organisasi kemahasiswaan khawatir mengganggu dengan jadwal utamanya perkuliahan.

Padahal, jika mereka mau mencari pengalaman, banyak sekali manfaat dan keuntungannya jika mereka mau bergabung di satu organisasi kemahasiswaan yang ada di lingkungan kampusnya.

Jika dirunut manfaat mahasiswa mengikuti sebuah organisasi di kampus, tentu sangatlah banyak. Beberapa di antaranya adalah, bisa menambah wawasan, pengetahuan, belajar berorganisasi, berkomunikasi, memecahkan suatu masalah, dan hal lainnya.

Hal seperti inilah yang juga dipelajari oleh sejumlah mahasiswa STBA Yapari ABA, Bandung yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Wanasatrya. Organisasi ini lahir pada 1992 lalu.

"Jadi, UKM Wanasatrya ini fokus di bidang kepecintalaman. Salah satunya di sini kita berusaha untuk melindungi alam," kata Ketua Umum UKM Wanasatrya STBA Yapari ABA, Bandung, Ramadhan Firdaus Abdullah, kepada INILAHKORAN akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, UKM Wanasatrya memiliki beberapa kegiatan rutin, seperti pendidikan latihan dasar, mabim, pengembaraan, sidang, ekspedisi dan ulang tahun.

Sejumlah kegiatan yang dilakukannya ini lanjut dia, bertujuan untuk mengolah mahasiswa baru agar mereka terarahkan. Salah satunya adalah mengolah mental mereka jauh lebih baik.

"Kita kan dari berbagai background (latar belakang) berbeda nih, di situ kita diajarin berani bertanggung jawab, mengambil keputusan, menjaga ego. Soalnya yang saya rasakan setelah Diklat itu sangat banyak," papar Ramadhan.

Menurut Ramadhan, seorang mahasiswa janganlah hanya belajar di dalam kelas saja, jika mereka mau menggali ilmu dan pengalaman, sebetulnya banyak media di luar yang bisa dipelajari. Salah satunya melalui UKM.

"Di sini (UKM) kita bisa belajar membagi waktu. Itu satu hal yang sangat penting bagi kita, apalagi mahasiswa. Ternyata ilmu yang saya pelajari di sini terpakai di luar sana," ujarnya.

Wanasatrya STBA Yapari ABA, Bandung, memang dikenal bukan hanya sekadar UKM yang fokus pada pecinta alam, namun organisasi ini memiliki tingkat kekeluargaan yang sangat erat. Mulai dari anggota baru, anggota lama, bahkan alumni, mereka berbaur menjadi satu keluarga besar.

"Kekeluargaan di UKM ini sangat kuat. Alumni juga sering berkumpul di sini," jelasnya.

Dia berharap, keberadaan UKM Wanasatrya yang ada di kampusnya bisa benar-benar bermanfaat bagi mahasiswanya. Selain itu, bisa menjadi ksatria hutan, menjaga alam, dan belajar di alam. (Okky Adiana).