DPRD Minta Boxies Tidak Tebang Pohon di Area Sekitar Mal

DPRD Minta Boxies Tidak Tebang Pohon di Area Sekitar Mal
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Komisi III DPRD Kota Bogor tidak sepakat dengan langkah pengelola Mall Boxies 123 Tajur yang akan menebang 12 pohon yang berada di pinggir Jalan Raya Tajur. Dalihnya, pohon-pohon di depan mal itu ditebang untuk mengurangi kemacetan. 

Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor Adityawarman Adil menegaskan, justru seharusnya pihak Boxies memperbanyak pohon di sekeliling bangunannya agar penghijauan terjaga.

"Memang dari luas lahan area mal itu memiliki banyak RTH (ruang terbuka hijau), tapi kan RTH lebih berfungsi apabila pohon-pohon yang ada tidak berkurang. Kami tidak setuju pohon-pohon yang di sana ditebang. Kami sangat menyayangkan kalau sampai terjadi," kata Adit, Minggu (19/1/2020).

Adit melanjutkan, masalah penghijauan menjadi isu utama dalam hal pembangunan di Kota Hujan ini. Sebaba, karena kondisi RTH Kota Bogor kini semakin berkurang dengan massifnya pembangunan. 

"Untuk alasan dan kepentingan apapun, usahakan pohon tidak ditebang. Kecuali untuk kepentingan umum yang bersifat urgent," tambahnya.

Terpisah, GM Mall Boxies 123 Jozarki Taruna Jaya mengatakan penebangan pohon untuk memperlebar daerah celukan tempat berhenti angkutan umum. Saat ini, pohon yang tumbuh itu menghalangi akses keluar-masuk. 

"Nanti ada lima sampai enam pohon yang akan kami pindah, dengan dipindahkan pohon itu celukan bisa lebih panjang. Secara perizinan kami ajukan dan sudah disetujui, izinnya suah keluar. Kami sudah diberikan izin menebang 12 pohon. Tapi kami pertimbangkan hanya lima pohon yang akan tebang," sebut Jozarki. (Rizki Mauludi)