Terpercik Letupan Mesin Diesel, Toko Material di Garut Ludes Terbakar

Terpercik Letupan Mesin Diesel, Toko Material di Garut Ludes Terbakar
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Diduga akibat percikan api dari knalpot mesin diesel gergaji pemotong kayu mengenai bubuk-bubuk kayu, sebuah toko material bahan bangunan kayu seluas 280 meter persegi di Jalan Sudirman RT 03/30 Kampung Galumpit Kelurahan Kota Kulon Kecamatan Garut Kota ludes terbakar, Minggu (19/1/2020).

Tak ada korban pada peristiwa yang menimbulkan kerugian material sekitar Rp150 juta itu.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Garut Aah Anwar Saepuloh melalui Kepala Bidang Operasi Wawan Sobarwan, kebakaran menimpa toko material kayu milik Abdul Rohman warga Kampung Sudika Indah Desa Haurpanggung Tarogong Kidul itu terjadi sekitar pukul 12.03 WIB.

Pihak Disdamkar menurunkan sebanyak lima unit kendaraan damkar guna menanggulangi kebakaran tersebut.

"Knalpot atau pembuangan udara pada mesin diesel gergaji pemotong kayunya bocor. Sehingga kadang-kadang mengeluarkan letupan disertai percikan api. Nah, percikan api dari knalpot ini diduga mengenai bubuk kayu dari kayu-kayu yang dipotong itu. Api terus membesar, dan merambat ke kayu-kayu lainnya sampai akhirnya melalap semua material yang ada," tutur Wawan.

Dia menyebutkan, selain bangunan toko berikut material kayu, pemilik juga kehilangan mesin pemotong, dan sejumlah surat penting yang turut hangus dalam kebakaran yang mengundang perhatian banyak warga itu.

"Kalau nilai kerugian materialnya sekitar Rp150 juta," imbuhnya. (Zainulmukhtar)