Timnas U-19 Jalani Lima sampai Enam Laga di Thailand

Timnas U-19 Jalani Lima sampai Enam Laga di Thailand
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Tangerang - Asisten pelatih tim nasional U-19 Indonesia Nova Arianto mengatakan, skuatnya akan menjalani lima sampai enam laga uji coba di Chiang Mai, Thailand, di sela pemusatan latihan pada 20 Januari-1 Februari 2020.

“Lawannya rata-rata dari Korea Selatan,” ujar Nova di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (20/1/2020).

Dari pertandingan-pertandingan tersebut, lanjut Nova, Manajer Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-Yong akan memantau kemampuan para pemain serta kelebihan juga kekurangan tim.

Staf pelatih pun berharap semua pemain menunjukkan kemampuan terbaiknya baik dalam laga maupun latihan.

“Saya pernah bilang kepada pemain bahwa situasi saat ini seperti lomba lari, mulai dari nol semuanya termasuk untuk pemain yang pernah tampil di kompetisi AFC. Ini menjadi kesempatan yang harus dimanfaatkan jika mereka memang ingin menjadi pemain Timnas Indonesia,” tutur Nova.

Tambah pengalaman

Salah satu pemain Timnas U-19 yang turut ke Thailand, Alfeandra Dewangga menyambut baik rencana berhadapan dengan beberapa klub Korea Selatan selama TC di Thailand.

Alfeandra tidak sabar menambah pengalaman dari laga-laga tersebut. “Saya sangat antusias karena Korea Selatan bagus sepak bolanya. Banyak tim berkualitas baik berasal dari sana,” tutur bek berusia 18 tahun tersebut.

PSSI sendiri membawa 28 pemain terbaik dari hasil seleksi perdana pemain timnas U-19 pada 13-17 Januari 2020 di Cikarang Timur, Jawa Barat, untuk TC dan berlaga di Thailand.

Mereka didampingi oleh jajaran pelatih seperti Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong, Asisten Manajer Pelatih Timnas Indonesia Indra Sjafri, Pelatih Timnas U-19 Gong Oh-Kyun, dan asistennya, Nova Arianto.

Sebelum berkompetisi di Piala Dunia U-20 2021, Timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19 2020, yang waktunya belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan. (antara)