Tanggul Jebol, Banjir Rendam Perumahan Cahaya Pelangi

Tanggul Jebol, Banjir Rendam Perumahan Cahaya Pelangi

INILAH, Cirebon - Sekitar 580 warga perumahan Cahaya Pelangi Desa Gamel Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon, kembali terdampak akibat banjir, Senin (20/1) malam. Banjir kali ini sama persis dengan banjir-banjir dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Pasalnya, tanggul penahan sungai Cikenang, jebol sepanjang 6 meter.

“Banjirnya cukup parah. Masalahnya, tanggul penahan sungai, jebol. Air tumpah ruah ke perumahan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendar, Selasa (21/1/2020).

Dadang membenarkan, sampai saat ini kondisi Sungai Cikenang yang melewati perumahan tersebut, sama sekali belum dinormalisasi. Hal lainnya, karena kondisi sungai lebih tinggi dari perumahan. Alhasil, saat air datang dan sungai tidak bisa menampung, akhirnya meluber ke perumahan.

"Banyak faktor yang menyebabkan desa gamel diterjang banjir. Jebolnya tanggul karena kondisinya sudah tua. Belum lagi penyumbatan sampah, normalisasi juga tidak dilakukan. Jadi ya harus masyarakat harus waspada," jelas Dadang. (maman suharman)