Akhir Tahun, Kota Hujan Miliki Bogor Creative Hub

Akhir Tahun, Kota Hujan Miliki Bogor Creative Hub
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengumpulkan sejumlah komunitas dan para pegiat industri kreatif di Paseban Narayana, Balai Kota Bogor, Senin (20/01/2020) kemarin. Pertemuan diadakan dalam rangka mempersiapkan hadirnya Bogor Creative Hub yang pembangunannya akan rampung pada akhir 2020 mendatang.

Dedie mengatakan, pertemuan ini dilakukan Pemkot dalam rangka mengakomodir kebutuhan dari sejumlah insan kreatif serta komunitas yang nantinya akan memanfaatkan gedung tersebut.

"Oleh karena itu, kami mencoba menyelaraskan rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menyelesaikan pembangunan gedung Bogor Kreatif Center ini. Ternyata di Bogor ini ada ratusan kelompok komunitas yang terdiri dari berbagai latar belakang, keahlian dan industri kreatif. Nantinya mereka ini lah yang akan memanfaatkan gedung tersebut," kata Dedie, Selasa (21/1/2020).

Dia melanjutkan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan komunikasi intens dengan Pemprov Jabar agar proses pembangunan bisa segera dilanjutkan. Data yang diperoleh dari Pemprov Jabar, saat ini progres pembangunan Bogor Creative Hub ini sudah terlaksana 30%.

"Saat ini masih proses lelang, diharapkan pembangunannya akan selesai di akhir Desember 2020 ini. Sehingga, 2021 nanti gedung ini sudah bisa dimanfaatkan para insan kreatif dan komunitas-komunitas di Kota Bogor," bebernya.

Sementara itu, salah satu perwakilan komunitas dari Bogor Ngariung Robby Firliandoko turut mengapresiasi pertemuan tersebut. Dia menyebutkan, nantinya akan ada belasan sektor bidang yang berkecimpung di Bogor Kreatif Center. Mulai dari industri kreatif film, desain, seni rupa hingga arsitektur, dan lainnya akan ada di gedung eks Bakorwil tersebut.

"Saya tentu sangat menyambut baik dengan adanya gedung pusat kreatif ini. Semoga saja, tempat ini tidak hanya dilakukan untuk berkumpul saja, akan tetapi bisa menjadi tempat untuk mengembangkan potensi, keahlian temen-temen komunitas agar bisa lebih berkelanjutan," harapnya.

Diketahui, proses pembangunan gedung Bogor Creative Hub ini akan kembali dilanjutkan setelah ditetapkannya pemenang pada proses pelelangan di Pemprov Jabar selesai. (Rizki Mauludi)