Ombudsman Lapor Soal Rekomendasi ke Mahfud MD

Ombudsman Lapor Soal Rekomendasi ke Mahfud MD

INILAH, Jakarta - Ombudsman RI melaporkan mengenai rekomendasi yang tidak dijalankan oleh sejumlah Kementrian dan Lembaga kepada Menko Polhukam Mahfud Md.

"Ada lembaga kementerian menurut kami tingkat kepatuhannya cukup rendah. Di antaranya adalah Kementerian Riset Dikti kalau sekarang Kemendikbud. Kemendagri itu juga beberapa perlu menjadi perhatian," Kata Ketua Ombudsman Amzulian Rifai di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka barat, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).

Dari empat rekomendasi yang diberikan lanjutnya, hanya satu rekomendasi yang dipatuhi. "Kemenristek Dikti misalnya dari 4 rekomendasi kami hanya satu yang dipatuhi. Nah, memang kita juga mengapresiasi karena Mas Menteri baru-baru ini sudah mampir ke Ombudsman kita koordinasi dan kita sampaikan terhadap hal ini. Mudah-mudahan untuk menjadi atensi beliau," ujarnya.

Amzulian menambahkan, ada 13 kategori lainnya yang tidak patuh rekomendasi Ombudsman.

"Kalau Mendagri cukup banyak sih, karena ada 13 (lembaga) tadi, dari 13 itu 9 di antaranya Kementerian Dalam Negeri saya tidak hafal satu-satu. Satu Menkominfo, kedua dari kepolisian yang rekomendasinya tidak ditindak lanjuti. Jadi ini mungkin ke depan sebagaimana yang disampaikan akan dilakukan rapat koordinasi terbatas dengan kementerian terkait untuk mencari solusi terhadap upaya pelaksanaan rekomendasi tersebut," tandasnya. [Inilahcom]