Antisipasi Penyusupan Teroris, Pasar Tumpah Cikeas Udik Bakal Ditertibkan

Antisipasi Penyusupan Teroris, Pasar Tumpah Cikeas Udik Bakal Ditertibkan
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Gunung Putri - Pasar tumpah yang selama ini berada di Jalan Akses Tol Cimanggis, Desa Cikeas Udik, Gunung Putri akan ditertibkan. Tindakan itu sebagai antisipasi penyusupan teroris karena tak jauh dari lokasi itu terdapat rumah tahanan khusus teroris dan Mako Resimen I Pelopor Brimob.

Kapolsek Gunung Putri Kompol Andri mengatakan, rumah tahanan khusus teroris dan Mako Resimen I Pelopor termasuk dalam objek vital nasional. Berdasarkan hal itu, lokasi tersebut harus steril dari ancaman demi keamanan negara dan citra Indonesia di mata dunia internasional.

"Di Jalan Akses Tol Cimanggis, Desa Cikeas Udik itu dekat dengan rumah tahanan khusus teroris dan Mako Resimen I Pelopor Brimob hingga terlalu berisiko kalau ada pasar tumpah atau pusat keramaian di sana, karena mengantisipasi adanya penyusupan teroris di Pasar Tumpah. Kami bersama TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan aparat Kecamatan Gunung Putri akan menertibkan pasar tumpah tersebut," kata Kompol Andri kepada wartawan, Kamis (22/1/2020).

Dia menambahkan, langkah pencegahan aksi serangan teroris ini juga demi citra Negara Indonesia di mata dunia internasional. 

"Kami bukan tidak membolehkan warga berdagang tetapi ini demi keamanan dan martabat negara, jangan sampai ada serangan teroris dahulu atau kecolongan baru kita berbuat. Ini bukan perintah Komandan Resimen I Pelopor Brimob tetapi perintah Kapolri dan pemerintah pusat,"  tambahnya.

Sedangkan, Kaur Yanma Resimen I Pelopor Brimob Kompol Bambang Trirahardjo menerangkan jajarannya siap membantu Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan aparat pemerintahan Kecamatan Gunung Putri untuk mentertibkan pasar tumpah.

"Kami pasti mendukung penertiban giat pasar tumpah. Beberapa pleton satuan pelopor dan peralatannya siap diterjunkan dalam kegiatan pada Minggu (26/1/2020) nanti," terang Bambang.

Kabid Dalops Satpol PP Kabupaten Bogor Ruslan mengaku, mulai hari Minggu (26/1/2020) mendatang ratusan anggota Satpol PP akan mulai melakukan penertiban kegiatan pasar tumpah di Jalan Akses Tol Ciamnggis. 

"Menurut data kami, pedagang yang berjualan di pasar tumpah ini bukanlah warga Kabupaten Bogor atau warga sekitar. Dikarenakan keberadaan mereka sudah mengganggu ketertiban umum dan lainnya, nanti saat penertiban kami akan menerjunkan 100an personel," ucap Ruslan. (Reza Zurifwan)