Solusi Atasi Masalah Berat Akibat Lembur

Solusi Atasi Masalah Berat Akibat Lembur
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta - Lembur atau overwork ternyata berakibat pada perubahan psikologis. Nah, lantas bagaimana cara mengatasinya?

Menurut dr. Laurentius Aswin Pramono, Sp.PD, M. Epid, internis RS St. Carolus Jakarta, untuk mengatasi efek psikologis dari terpaan banyaknya lembur bekerja, bisa dengan mencari dukungan dari orang tercinta di lingkungan sekitar.

"Tentu mesti melakukan penyembuhan fisik maupun mental. Mendapat dukungan dari keluarga, istirahatkan diri sendiri," kata Aswin saat ditemui di Jakarta, baru - baru ini.

Setelah mendapatkan dukungan dari orang terdekat, Anda bisa meluangkan waktu dengan nonton film kesukaan di bioskop kesayangan.

"Selain itu bisa juga makan enak bersama teman - teman terdekat. Itu hal yang sangat menyenangkan dan bagus untuk mental seseorang secara psikologis," tambahnya.

Tidak kalah penting adalah liburan. Memilih destinasi ke suatu wilayah untuk berwisata sangat Penting untuk menghilangkan stress. Ini bisa menjadi terapi yang sangat efektif ketika Anda sedang mengalami kepenatan dalam bekerja.

"Liburan itu perlu loh. Ambil cuti bekerja untuk berlibur. Setidaknya, ada tiga Kali dalam setahun orang butuh liburan," ujarnya.(tka)