Tottenham vs Norwich, Tekanan Tinggi

Tottenham vs Norwich, Tekanan Tinggi
Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho. (Net)

JOSE Mourinho mulai tak nyaman di kursi manajer Tottenham Hotspur. Dia dihujani kritik menyusul buruknya tren performa The Lilywhites. Friksi, juga memperkeruh situasi.

The Special One gagal 'menyulap' Spurs menjadi tim dengan performa stabil selepas menggantikan Mauricio Pochettino, beberapa waktu lalu. Heung-min Son dan kawan-kawan masih terlempar dari zona big four.

Akhir pekan lalu, mereka gagal menang melawan Watford setelah hasil imbang tanpa gol. Bahkan, Tottenham beruntung terhindar dari kekalahan setelah Troy Deeney gagal mengeksekusi penalti.

Tapi, Mourinho membantah timnya tampil buruk. Dia menegaskan Spurs telah bermain baik dan hasil imbang sangatlah tidak adil.

"Kami bermain sangat baik. Kami memulai pertandingan tanpa striker, tapi dengan banyak pemain ofensif. Kami mengendalikan pertandingan, terutama di babak pertama," kata Mourinho di BBC.

Mourinho berharap peruntungan lebih baik ketika Spurs menjamu Norwich di Tottenham Hotspur Stadium, Kamis (23/1) dini hari WIB. Dia berharap, timnya bisa lebih efesien dalam memanfaatkan peluang.

"Kami ada di posisi bahaya, kami menciptakan peluang, tapi tak bisa mencetak gol. Saya senang dengan bagaimana kami bermain, komitmen kami," lanjutnya.

Laga melawan Norwich sejatinya bisa jadi momentum berharga untuk bangkit. Ya, Spurs layak diunggulkan. Mereka unggul segala-galanya.

Norwich memang baru saja bangkit dengan mengalahkan Bournemouth, akhir pekan lalu. Tapi, itu bukanlah tolok ukur lantaran Spurs tentu berbeda dengan Bournemouth.

Spurs memenangi tiga dari lima bentrok terakhir melawan Norwich. Bahkan, mereka mampu mencetak dua gol lebih dalam empat pertandingan itu.

Catatan lain yang memihak Spurs, adalah buruknya rekor tandang Norwich musim ini. Mereka telah mengalami musim yang mengerikan. Bahkan, Norwich adalah tim dengan kebobolan terbanyak yakni 22 lesakan.

Tapi yang diwaspadai Mourinho, adalah strategi Norwich yang bisa saja memarkir banyak pemain belakang di garis pertahanan. Ini ujian besar, lantaran Tottenham sedang krisis penyerang menyusul cedera sang kapten, Harry Kane.

"Kami tak bagus dalam beradaptasi dengan gaya bermain sepakbola seperti ini. Kami cukup sulit untuk bermain," ungkapnya.

Friksi

Hal lain yang mengganggu persiapan Spurs adalah isu keretakan di ruang ganti tim. Mourinho dikabarkan sedang bersitegang dengan Danny Rose perihal pemilihan starting XI untuk laga sebelumnya.

Rose dibangkucadangkan saat Spurs ditahan imbang Watford. Ini pemandangan aneh lantaran selama ini Rose selalu menjadi pilihan utama di sektor kiri pertahanan Spurs.

Kata pria berkebangsaan Portugal tersebut, Danny Rose sedang mengalami kendala fisik yang membuatnya tidak bisa tampil 100 persen.

Menurut laporan dari Daily Mail, Danny Rose merasa bahwa dirinya baik-baik saja dan siap untuk diturunkan. Ia tidak terima dengan pernyataan Mourinho ke awak media perihal kondisinya.

Ia terlihat sedang bersitegang dengan Mourinho dalam sesi pendinginan sebelum latihan Tottenham, Minggu (19/1) waktu setempat. Disebutkan juga bahwa obrolan di antara keduanya berlangsung panas.

Mourinho mencoba untuk menjaga suasana hati Rose. Dalam pandangannya, momen itu adalah kesempatan yang tepat untuk meredam rasa frustasi pemainnya, dan juga untuk mengembalikan keseimbangan di timnya.

"Ya, dia adalah bagian dari rencana saya," jawab Mourinho, seperti yang dikutip dari Daily Mail. (bsf)

 

HEAD TO HEAD
28/12/19: Norwich 2-2 Tottenham
02/02/16: Norwich 0-3 Tottenham
26/12/15: Tottenham 3-0 Norwich
23/02/14: Norwich 1-0 Tottenham
14/09/13: Tottenham 2-0 Norwich

LIMA LAGA TERAKHIR TOTTENHAM
18/01/20: Watford 0-0 Tottenham
14/01/20: Tottenham 2-1 Middlesbrough
11/01/20: Tottenham 0-1 Liverpool
05/01/20: Middlesbrough 1-1 Tottenham
01/01/20: Southampton 1-0 Tottenham

LIMA LAGA TERAKHIR NORWICH
18/01/20: Norwich 1-0 Bournemouth
11/01/20: Man United 4-0 Norwich
04/01/20: Preston 2-4 Norwich
01/01/20: Norwich 1-1 Palace
28/12/19: Norwich 2-2 Tottenham

PRAKIRAAN PEMAIN
Tottenham (4-3-1-2)

Gazzaniga (GK) Tanganga, Vertonghen, Alderweireld, Aurier (B) Fernandes, Winks, Celso (T) Alli (ss) Moura, Son (D)
Pelatih: Jose Mourinho
Norwich (4-2-3-1)
Krul (GK) Aarons, Timmermann, Hanley, Bryam (B) Trybull, McLean (cdm) Buendia, Duda, Cantwell (T) Pukki (D)
Pelatih: Daniel Farke