Setelah Tamansari, Ini 13 Titik Lokasi Berikutnya

Setelah Tamansari, Ini 13 Titik Lokasi Berikutnya
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Pemkot Bandung setidaknya masih memiliki pekerjaan rumah setelah rumah deret Tamansari akan dibangun pada Februari 2020 mendatang.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Nunun Yanuati mengatakan, ke depan pihaknya harus mengamankan sebanyak 13 aset yang di antaranya berkategori kawasan kumuh.

"Bahasa kita pengamanan aset ya, karena semua lokasi itu sudah tercatat di Pemkot Bandung," kata Nunun di Balai Kota Kota Bandung, Kamis (23/1/2020).

Menurutnya, ke-13 lokasi tersebut memiliki kondisi berbeda. Hanya beberapa di antaranya yang sudah dalam kondisi lahan kosong. Tetapi mayoritas, masih berupa bangunan padat.

"Seperti di Rancacili itu sudah kosong, di Cingised juga sudah kosong dan di kawasan Derwati. Untuk yang kumuh itu ada di Nyengseret, Bagusrangin, Babakan Ciparay dan lainnya," ucapnya.

Meski begitu, Pemkot Bandung dalam hal ini tidak akan tergesa-gesa perihal pengamanan aset tersebut. Karena fokus pemerintah terdekat adalah mengawal rumah deret Tamansari.

"Mungkin di 2021 nanti, baru kita akan bergerak untuk 13 titik ini. Saat ini, kita akan fokus ke Tamansari terlebih dahulu. Untuk konsep pengembangan ke-13 aset yang lain itu akan berbeda-beda tergantung lokasi," ujar dia. (Yogo Triastopo)