Pemprov Jabar Bahas Underpass Tol Dalam Kota Bandung

Pemprov Jabar Bahas Underpass Tol Dalam Kota Bandung

INILAH, Bandung- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bakal membahas usulan Pemerintah Kota Bandung terkait adanya underpass (terowongan) pada pembangunan tol dalam kota North South Link (NS-Link).

Diketahui, usulan pembangunan underpass ini hanya dikhususkan dibangun dari ruas Jalan Laswi ke Jalan Supratma yang melintasi kawasan heritage.

Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan Kota Bandung adalah sebagai daerah penerima manfaat dari proyek pembangunan tersebut. Dia ingin memastikan, semua pihak dapat merasakan manfaat dari pembangunan tol dalam kota yang terhubung dari Tol Pasirkoja-Pusdai, Kota Bandung ini.

"Teknisnya karena masuk ke pusat kota, naik turun (dalam implementasi pembangunan), nanti kita bahas. Yang penting every body happy," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (7/1/2019).

Kendati demikian, dia mengaku, belum mendapat laporan terkait usulan tersebut. Namun proyek pembangunan tol dalam kota ini akan terus didorong sebagai salah satu cara mengurai kemacetan di Kota Metropolitan seperti Kota Bandung.

"(Usulan underpass) itu teknis, kalau masalah teknis saya belum dilapori. Tapi projectnya dibutuhkan saya kira provinsi mendorong itu," kata dia.

Menurut Emil -sapaan Ridwan Kamil-, ada dua bagian sebagai yang harus dilakukan untuk menangani kemacetan di kawasan kota metropolitan. Untuk kelancaran lalu lintas, selain jalur-jalur baru juga harus memperbanyak transportasi publik.

Dia tambahkan, di Bandung juga akan ada pembangunan sarana transportasi publik, salah satunya LRT yang juga bertujuan mengurai kemacetan.

"Dua-duanya dikerjain dan dibutuhkan. Jadi jangan pake logika kenapa enggak itu (LRT) dulu," ucapnya.