Begini Upaya HIPMI dan Pemkab Bogor Tekan Angka Pengangguran

Begini Upaya HIPMI dan Pemkab Bogor Tekan Angka Pengangguran
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan berharap BPC HIPMI Kabupaten Bogor menularkan jiwa pengusaha kepada para generasi muda. Selain mengurangi angka pengangguran juga bisa meningkatkan angka kesejahteraan.

"HIPMI ini kan isinya para pengusaha muda hingga kami berharap mereka menularkan jiwa wirausahanya kepada sesama generasi muda," harap Iwan usai diskusi bertajuk 'Entrepreneur Forum, Membangun Sinergitas HIPMI Dalam Menumbuhkan Wirausaha Muda Kabupaten Bogor', di Gedung Serbaguna 1 Setda Kabupaten Bogor, Cibinong, Kamis (22/1).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bogor ini menambahkan BPC HIPMI juga bisa membantu pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam meningkatkan omset atau pendapatan dengan cara menyambungkan mereka dengan jaringam bisnis lainnya.

"Pemerintah daerah saya rasa kurang bisa mencarikan jaringan bisnis kepada para pelaki UKM yang jumlahnya ada belasan ribu, hingga saya anggap ini tugas HIPMI untuk menyambungkan jaringan bisnis hingga para pelaku UKM meningkat menjadi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM),"  tambahnya.

Ketua BPC HIPMI Kabupaten Bogor Bambang Priakisumah menuturkan acara diskusi bertajuk 'Entrepreneur Forum, Membangun Sinergitas HIPMI Dalam Menumbuhkan Wirausaha Muda Kabupaten Bogor kali ini mengundang berbagai elemen dan pemangku kebijakan pemerintahan, sekaligus pembukaan Diklatcab dan Rakercab Hipmi Kabupaten Bogor 2020.

"Membangun sinergitas HIPMI dengan pemerintah ini dalam upaya membentuk para pengusaha muda. Kami ingin selaras dengan Pemkab Bogor dengan program yang kami miliki karena tujuannya yang sama. Dengan langkah - langkah yang sudah disusun, kami ingin meningkatkan kualitas pengusaha muda dan mengurangi angka pengangguran," tutur Bambang.

Ia melanjutkan program kerja HIPMI  kedepan sudah selaras dengan program utama Pemkab Bogor, yakni program Pancakarsa, yang menggenjot wirausaha muda dan mengurangi jumlah pengangguran di Kabupaten Bogor. 

"Kami ingin selaraskan program kerja dengan Pemkab Bogor melalui program kerja yang ada, HIPMI sendiri adalah identitas anak muda yang punya organisasi menciptakan pengusaha muda yang harus dibantu oleh pemerintah, apalagi di Bumi Tehar Beriman ini ada 30-40 persen anak muda dari jumlah warga Kabupaten Bogor dan itu  kami anggap sebuah potensi yang harus dikembangkan," lanjutnya. (Reza Zurifwan)