Yana: Khotbah Jumat Tak Perlu Dibatasi

Yana: Khotbah Jumat Tak Perlu Dibatasi
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. (Istimewa)

INILAH, Bandung - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menilai tak perlu ada batasan khotbah. Itu disampaikan menanggapi soal adanya wacana khotbah salat Jumat yang akan diatur. 

"Saya pikir jangan dibatasi. Menurut saya, justru nanti pesannya tidak akan tersampaikan," kata Yana di Aryaduta Hotel, Jalan Sumatera, Kota Bandung pada Jumat (24/1/2020).

Menurut dia, orang yang menyampaikan khotbah pada waktu salat Jumat (khatib) adalah orang yang memiliki kompetensi. Khatib pun, dipilih atas saran dari dewan kemakmuran masjid (DKM). 

"Jadi saya pikir kita serahkan saja kepada mereka yang memang memiliki kompetensi dalam bidangnya. Lalu ada DKM juga yang bertugas untuk menyaring khatib-khatib ini," ucapnya. 

Wacana digulirkan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung terkait khotbah salat Jumat. Pemerintah berencana mengatur penyusunan teks khotbah di semua masjid di Kota Bandung. 

Hal itu menyusul adanya instruksi dari Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi setelah berkunjung ke Abu Dhabi,  Uni Emirat Arab. Di sana, khatib menyampaikan  khotbah dengan teks yang telah disusun pemerintah. (yogo triastopo)