Momen Ajaib Firmino Kerap Menangkan Liverpool

Momen Ajaib Firmino Kerap Menangkan Liverpool
Ilustrasi/Net

INILAH, Wolverhampton - Jurgen Klopp lega Liverpool bisa mengatasi perlawanan sengit dari Wolverhampton Wanderers. Klopp menyebut banyak faktor yang mempengaruhi hasil akhir, termasuk Roberto Firmino yang kerap jadi pembeda di akhir laga.

Bertamu ke kandang Wolverhampton, Molineux Stadium, Jumat (24/1/2020) dini hari WIB, pada pertandingan pekan ke-24 Liga Premier Inggris, Liverpool mendapat perlawanan berarti dari tuan rumah.

Statistik mencatat Si Merah unggul dalam penguasaan bola 53 persen berbanding 47 persen. Mereka juga lebih banyak melepaskan percobaan 13 shots, enam diantaranya tepat ke gawang.

Wolves meski kalah dalam penguasaan bola 47 persen bukan tanpa peluang. Mereka tiga kali berhasil mengarahkan bola ke gawang Liverpool dari total 10 shots yang dilepaskan.

Liverpool unggul cepat pada menit kedelapan lewat gol sundulan kepala Jordan Henderson membelokkan bola sepak pojok Trent Alexander-Arnold. Wolves menyamakan skor pada menit ke-51 berkat gol Raul Jimenez.

Saat laga diprediksi akan berakhir imbang, Firmino tampil sebagai pahlawan kemenangan Liverpool. Bekerjasama dengan Mohamed Salah, Firmino menaklukkan kiper Rui Patricio dari jarak dekat. Skor 1-2 untuk kemenangan Liverpool menutup laga.

Klopp menyadari timnya tidak selalu meraih hasil dengan mudah, meskipun berulang kali berusaha menerapkan pola permainan berbeda untuk merespon cara main lawan.

"Para pemain juga manusia. Ada sedikit naik dan turun. Kami sudah mendiskusikan banyak hal di lapangan, ada hal yang perlu ditingkatkan tetapi situasi bola mati dan skil yang bagus bisa membawa kami kembali ke pertandingan. Wolves benar-benar kuat tetapi jelas kami bisa mengatasinya," kata Klopp usai laga.

Klopp juga mengapresiasi Firmino yang kerap muncul sebagai pembeda hasil akhir. Dalam delapan penampilan terakhirnya di semua ajang, penyerang asal Brasil sudah mengemas enam gol. Menariknya, empat gol diantaranya memastikan kemenangan Si Merah atas lawan.

"Kami mengubah sistem permainan dua atau tiga kali. Kami memiliki sejumlah kesempatan bagus di babak pertama dan kemudian di menit akhir datang momen ajaib dari Bobby (Roberto Firmino)."

"Anda cuma perlu mencari cara untuk menang dan memiliki seseorang yang membuat keputusan sempurna dan lagi-lagi itulah Bobby," pungkas pelatih asal Jerman.

Kemenangan membuat Liverpool makin nyaman di puncak klasemen Liga Inggris dengan torehan 67 poin dari 23 laga. Sementara Wolves melorot ke posisi 7 dengan 34 poin. (Inilahcom)