Puluhan PTN & PTS Memadati Edu Passion SMAN 3 Kota Bandung

Puluhan PTN & PTS Memadati Edu Passion SMAN 3 Kota Bandung
(Foto: Okky Adiana)

INILAH, Bandung - SMA Negeri 3 Kota Bandung kembali menggelar pameran pendidikan Edu Passion. Ajang ini untuk mendongkrak siswanya setelah lulus melanjutkan ke perguruan tinggi, sesuai potensi dan minatnya.

Tercatat ada sekitar 17 perguruan tinggi negeri (PTN), seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran (Unpad), dan lainnya.
Selain itu, ada juga 18 perguruan tinggi swasta (PTS) yang turut serta, diantaranya Universitas Widyatama, Universitas Pasundan (Unpas) dan banyak lagi. Namun tahun ini ada yang berbeda karena ada perguruan tinggi luar negeri yang ikut berpameran.

Kepala SMAN 3 Kota Bandung Yeni Gantini menjelaskan, bahwa kegiatan pameran pendidikan tersebut, dihelat untuk memberikan informasi mengenai perguruan tinggi secara utuh kepada siswa kelas XII.

Karena siswa kelas XII memang sangat membutuhkan informasi yang jelas, mengenai jurusan mana-mana saja yang ada di perguruan tinggi yang akan dituju. Terlebih ketika mereka akan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang dituju.

"Di samping itu orangtua pun kami undang. Sengaja agar mereka mendapat informasi yang jelas dan tidak memaksakan kehendak mereka kepada anaknya masuk ke salah satu perguruan tinggi. Sebetulnya anak-anaknya tidak mau masuk ke jurusan itu (yang dipilihkan oleh orangtuanya)," imbuh, Jumat (24/1/2020).

Dia berharap dengan kegiatan edu passion informasinya bisa terfasilitasi. Sehingga mereka bisa memilih jurusan sesuai dengan potensinya minat dan bakat

Semoga kegiatan ini siswa-siswi SMAN 3 Kota Bandung semakin banyak yang diterima di perguruan tinggi, negeri maupun swasta favorit, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
Wakasek Kesiswaan SMAN 3 Kota Bandung Sucipto menambahkan bahwa kegiatan tersebut sangat penting untuk siswa kelas XII. Karena beberapa bulan lagi mereka setelah lulus akan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri yang diharapkan, atau perguruan tinggi swasta yang memang jurusannya bagus.

Selain kelas XII kegiatan ini juga dirancang untuk diikuti oleh siswa kelas X dan kelas XI. Secara keseluruhan jumlah siswa di SMAN 3 ada sekitar 1000 siswa lebih.

Untuk kelas XII dikerahkan pada waktu pukul 08.00. Sedangkan kelas XI dikerahkan saat jam istirahat pertama, pukul 10.00. Berikutnya jam istirahat kedua pukul 12.00, siswa kelas X ditugaskan untuk mencari atau menggali informasi, mengunjungi stand perguruan tinggi.

Acaranya pun dikemas sedemikian menarik, selain menampilkan stand-stand yang ada juga ada kegiatan sharing dari alumni SMAN 3 Kota Bandung yang berprestasi. Mereka juga bisa berkonsultasi dengan konsultan pendidikan.

Menurut Sucipto, target dari kegiatan tersebut yaitu berkaitan dengan tantangan di SMAN 3. Karena saat ini row input (siswa yang diterima) SMAN 3 Kota Bandung saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena adanya sistem zonasi yang tidak melihat nilai akademik.

Berikutnya ada masukan atau kritisi dari alumni-alumni SMAN 3 Kota Bandung yang diterima di perguruan tinggi negeri favorit seperti ITB dan kedokteran, karena makin ke sini semakin berkurang.

"Padahal sebetulnya bukan berkurang. Tetapi yang masuk ke ITB dan kedokteran yang menjadi ciri khas SMN 3 Kota Bandung, memang berkurang, namun secara persentase yang masuk ke perguruan tinggi negeri, masih tetap tinggi di atas 80%. Dan masuk yang ke swasta nya pun itu swasta yang memang jurusannya favorit," imbuh Sucipto.

Siswa-siswi SMAN 3 Kota Bandung pun ada yang sengaja tidak masuk PTN, karena memang yang dikejarnya jurusan favorit di perguruan tinggi swasta.

"Harapannya dengan publikasi yang baik, sekarang Edu Passion banyak dikunjungi oleh siswa-siswi dari sekolah lain. Oleh sebab itu ke depan semoga makin banyak lagi perguruan tinggi yang mengikuti ajang seperti ini. Sehingga informasi tentang perguruan tinggi semakin luas didapat oleh siswa-siswi SMAN 3 Kota Bandung khususnya," pungkasnya. (Okky Adiana)