Hujan Deras, Rumah Panggung di Talegong Runtuh

Hujan Deras, Rumah Panggung di Talegong Runtuh
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut- Sebuah rumah panggung milik Nurani (39) di Kampung Genteng, RT 05 RW 09, Desa Sukalaksana, Kecamatan Talegong Selatan, Kabupaten Garut rubuh menyusul hujan deras pada Jumat (24/1/2020) sekitar pukul 15.30 WIB. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Menurut Camat Talegong Caca Rifa'i, rumah panggung milik Nurani rubuh diduga kuat tak mampu menahan derasnya air hujan. Terlebih kondisi bangunan rumah itu sendiri sudah rapuh, dan keropos.

“Untuk sementara, penghuni rumah diungsikan ke rumah kerabat/tetangga dekatnya. Kerugian material akibat kejadian ini ditaksir sekitar Rp20 juta,” ujar Caca.

Sebelumnya pada hari sama sekitar pukul 01.30 WIB, jalan desa di Kampung Sawah Manjah RT 02 RW 02 Desa Girimukti Kecamatan Cisewu selatan Garut terputus akibat longsor. Hal itu terjadi menyusul hujan deras mengguyur kawasan tersebut sepanjang Kamis (23/1/2020) petang hingga malam.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Camat Cisewu Hery, kejadian tersebut mengakibatkan terputusnya jalur lalu lintas menghubungkan Desa Girimukti dengan Desa Mekarsewu. Jaringan listrik PLN di daerah tersebut juga terputus. Sebuah tiang listrik jalur TM terancam roboh.

“Lebar longsoran mencapai sekitar tiga meter, dan panjang sepuluh meter. Jalan terancam longsor susulan sekitar 150 meter karena sudah ada retakan sekitar area. Ada juga lahan sawah di sekitar jalan yang tertimbun, dan tergerus sekitar  1,5 hektare. Kalau terjadi longsor susulan, sawah terancam terkena bisa lebih luas lagi, sekitar dua hektare,” ujarnya.

Hery menyebutkan, kendati terdapat jalan alternatif atas kejadian tersebut, namun kondisinya hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, dan mesti melewati sungai yang jembatannya belum rampung dibangun. Sehingga terbilang cukup rawan kecelakaan bagi kendaraan yang melintas bila debit air sungai  tersebut naik.

“Sementara ini, kita bersama jajaran Forkopimcam, petugas PLN, dan masyarakat berusaha membersihkan material longsoran untuk membuat akses jalan agar bisa dilalui kendaraan roda dua,” imbuhnya.(zainulmukhtar)