200 Karung Sampah Berhasil Diangkut Dari Cibalok

200 Karung Sampah Berhasil Diangkut Dari Cibalok
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Aparatur Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, bersama tim gabungan Diana Lingkungan Hidup (DLH) dan aparatur TNI-Polri melakukan normalisasi di sepanjang bantaran sungai Cibalok, Jumat (24/1/2020) siang WIB.

Lurah Pakuan, Arief Hidayat mengatakan, bahwa kegiatan itu dilakukan untuk mengembalikan kondisi dan fungsi bantaran sungai Cibalok. Sebab, di beberapa titik lokasi didapati adanya penumpukan sampah liar. 

"Normalisasi bantaran sungai Cibalok juga sekaligus untuk mengedukasi warga dengan harapan tidak membuang sampah sembarangan apalagi dibuang ke sungai. Karena itu kami berikan contoh dengan membersihkan sungai ini," ungkap Arief.

Arief melanjutkan, tujuannya adalah untuk menyelamatkan lingkungan sekitar sekaligus mengedukasi warga agar bisa mengolah sampah terlebih dahulu sebelum dibuang, dan sampah juga harus dibuang pada tempatnya.

"Karena itu kami juga mengajak tim dari DLH dan datang langsung Kabid Persampahan untuk mengedukasi memilah sampah," tambahnya.

Arief menjelaskan, dalam kegiatan yang dimulai sekira pukul 08.00 WIB tersebut, pihaknya melibatkan berbagai unsur mulai dari warga, Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPM Kelurahan Pakuan termasuk Kecamatan Bogor Selatan dan DLH Kota Bogor.  

"DLH menurunkan armada truk untuk mengangkut sampah. Hari ini atau tahap permulaan inisiasi kurang lebih 200 karung sampah dari berbagai macam jenis. Kegiatan ini tidak akan berhenti di situ, karena baru kurang lebih 10 persen sampah yang ada di lokasi dan akan terus bergulir sampai 100 persen normalisasinya," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Arief, kegiatan serupa juga akan dilakukan di lokasi lain di wilayahnya yang dilintasi sungai Cibalok. 

"Sejauh ini sedang dilihat sampah-sampah liar di perbatasan dahulu antara Cipaku dan Pakuan di RW 07," pungkasnya. (Rizki Mauludi)