Ini Perjalanan 20 Tahun Honda CR-V di Indonesia

Ini Perjalanan 20 Tahun Honda CR-V di Indonesia
(Istimewa)

PADA 2020 ini, genap 20 tahun Honda CR-V hadir di Indonesia. Dan sepanjang dua dekade tersebut, sudah ada lima generasi yang meluncur.

Mengaspal pertama kali di Tanah Air pada tahun 2000, Honda CR-V memulai tren mobil SUV di pasar otomotif nasional yang hingga saat ini menjadi salah satu segmen paling diminati konsumen Indonesia.

Tercatat hingga akhir 2019, sebanyak 213.241 unit Honda CR-V telah terjual di Indonesia dan meraih lebih dari 40 penghargaan bergengsi dari media dan ajang otomotif dalam negeri.

"Honda CR-V merupakan produk istimewa bagi Honda, karena merupakan produk kelas dunia yang juga telah mempunyai sejarah panjang dan konsumen loyal di Indonesia," kata Yusak Billy, Business Innovation & Sales Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM), di sela-sela acara 'CR-V 20 Years of Great Adventure' di Bandung, baru-baru ini.

Selama kurun waktu 20 tahun keberadaannya di Tanah Air, Honda CR-V telah hadir sebanyak lima generasi dan tercatat sebagai model SUV dengan periode penjualan paling lama dan sukses merebut angka penjualan total tertinggi di Indonesia untuk kelas Medium SUV.

"Kami percaya bahwa konsep Premium Urban Crossover yang ditawarkan Honda CR-V hingga ke generasi kelima saat ini sangat sesuai dengan kebutuhan konsumen yang menginginkan kenyamanan dalam setiap perjalanan dengan kondisi jalan yang beragam di Indonesia," lanjut Yusak.

Generasi Pertama (2000-2002)

Honda CR-V perdana meluncur secara global pada 1995, dan masuk ke Indonesia lima tahun kemudian, tepatnya pada 2000. Saat itu, Honda CR-V dibekali satu varian mesin 2.0L dengan pilihan transmisi otomatis (AT) dan manual (MT).

Pada model yang diperkenalkan sebagai SUV 'Cross Country' ini, tampilannya masih kuat kesan sporty khas mobil adventure. Di bagian buritannya juga masih 'berkonde' alias tersemat ban serep yang dipasang di pintu belakang.

"Saya sendiri menjadi saksi sekaligus pencetus kelahiran Honda CR-V pada 2000 silam. Ketika itu saya masih bertugas di pabrik dan kebetulan saya merupakan project leader dari generasi pertama ini," ucap Yusak.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa generasi pertama CR-V yang dipasarkan di Indonesia cukup melegenda lantaran memiliki spesifikasi yang berbeda dari negara lain. Mulai dari posisi lampu belakang sampai kapasitas tempat duduknya.

Ubahan tersebut dilakukan untuk mengikuti regulasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ketika Honda akan meluncurkan CR-V untuk pertama kalinya di Tanah Air.

"Generasi pertama itu legend, pasalnya Indonesia menjadi satu-satunya pasar yang menghadirkan CR-V dengan konfigurasi kursi 7-seater karena pajaknya bisa lebih murah. Lalu tinggi posisi lampu belakang juga beda, karena ada di bawah dan harus menyala, kalau yang lain itu hanya reflektor," jelas Yusak.

Generasi Kedua (2002-2007)

Kesuksesan generasi perdana Honda CR-V dilanjutkan dengan model terbarunya pada 2002. Walau masih memiliki bentuk kotak dengan ban serep tersemat di pintu belakang, tapi secara dimensi generasi kedua ini lebih panjang, sehingga memiliki tingkat kelapangan yang lebih baik.

Mulai di model ini, Honda CR-V sedikit banyak merevisi bahasa desain tubuhnya. Tampilannya terlihat lebih stylish tapi tetap terasa kental aura crossover.

Soal jantung pacu masih menggunakan mesin 2.0L, namun dengan kode mesin berbeda, dan mengalami peningkatan dari sisi performa dan utilitas.

Generasi Ketiga (2007-2012)

Generasi ketiga Honda CR-V meluncur pada 2007 dengan tampilan yang sudah berubah total. Desainnya pun tampak lebih oval plus dihilangkannya 'konde' alias ban serep yang tersemat di pintu belakang di dua generasi sebelumnya.

Selain tetap menggendong mesin 2.0L, pada generasi ketiga ini diperkenalkan pula varian mesin 2.4L.

Demikian juga pilihan transmisinya. Selain hadir dengan transmisi otomatis (AT), untuk pertama kalinya tersedia pilihan transmisi manual (MT) 6-percepatan yang juga pertama di kelasnya.

Pada generasi ini, Honda CR-V memantapkan dirinya dengan konsep pengembangan yang memadukan desain eksterior stylish ala kaum urban serta mengedepankan kenyamanan berkendara seperti sebuah sedan dengan tidak menghilangkan performa sebuah SUV.

Generasi ketiga ini diklaim Yusak sebagai model terlaris dengan angka penjualan lebih dari 63.000 unit. Model ini pun bertahan hingga lima tahun sebelum akhirnya HPM merilis penerusnya pada 2012 dengan bentuk yang lebih modern.

Generasi Keempat (2012-2017)

Meluncur pada 2012, desain generasi keempat dari Honda CR-V ini tampak lebih elegan dan mewah.

Berbekal jantung mekanis 2.4L i-VTEC, SUV ini pun disematkan sederet fitur berteknologi tinggi, mulai dari Paddle Shift, Cruise Control, Grade Logic Control, Drive by Wire, hingga Shift Hold Control.

Tak cuma itu, sisi kenyamanannya pun terasa makin mewah dengan adanya Smart Key, One Push Ignition System, ECON Mode, dan Eco Assist.

Untuk pertama kalinya, Honda juga melengkapi generasi keempat ini dengan teknologi Nanoe yang berguna untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin.

Generasi Kelima (2017-sekarang)

Resmi diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, generasi kelima Honda CR-V tampil dengan bahasa desain baru yang lebih tangguh, elegan, dan mewah.

Untuk pertama kalinya, di generasi ini, Honda CR-V memiliki pilihan mesin 1.5L Turbo. Meski dengan kapasitas yang lebih efisien, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 190 PS (186,2 dk) @ 5600 rpm dan torsi 24.8 Nm @ 2.000-5.000rpm.

Honda CR-V terbaru ini menampilkan desain anyar pada lampu depan yang menggunakan Full LED dan dilengkapi dengan LED Daytime Running Light (DRL), serta foglight yang juga menggunakan LED.

Lampu belakangnya pun mengusung desain baru yang dikombinasikan dengan LED Light Bar. Tailgate Spoiler anyar dan dual exhaust pipe + finisher menambah kesan tangguh di bagian belakang, sementara sisi samping semakin menawan dengan Alloy Wheel 18-inci baru berdesain agresif.

Keberadaan Power Panoramic Sunroof juga semakin menambah kesan premium dan kenyamanan berkendara.

Ruang kabin Honda CR-V yang lapang kini semakin fleksibel dengan tersedianya varian dengan bangku pada baris ketiga.

Interiornya pun semakin nyaman dengan hadirnya sistem audio video dengan layar sentuh 9-inci yang dilengkapi teknologi Nanoe yang berfungsi untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin.

Dari segi keselamatan, generasi kelima Honda CR-V ini juga telah dilengkapi sederet fitur safety berteknologi tinggi untuk kenyamanan penumpang, seperti enam buah Airbags, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), dan Brake Override System. [inilahcom]