Promosi Pariwisata Purwakarta Melalui Festival Film

Promosi Pariwisata Purwakarta Melalui Festival Film
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta – Popularitas pariwisata di Kabupaten Purwakarta terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal tersebut terjadi sesaat setelah pemkab setempat terus berupaya melakukan berbagai inovasi supaya kemasyuran wisata di wilayah ini lebih dikenal secara luas.

Adapun upaya pemerintah daerah melalui dinas terkait, yakni dengan terus mempromosikan pariwisata di wilayah lebih massif. Salah satunya, melalui gelaran berbagai event, baik sekala nasional maupun lokal. Termasuk, turut menggandeng para pegiat media sosial dan kaum milenial.

Seperti kali ini, pemkab melalui dinas terkait menggandeng Komunitas Pena dan Lensa Purwakarta untuk promosi melalui Festival Film Purwakarta. Kegiatan ini merupakan agenda kedua kalinya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta Agus Hasan mengaku, jajarannya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Apalagi, even ini juga sekaligus menjadi bagian promosi wisata di daerahnya. 

“Festival film ini bisa sekaligus menjadi media yang efektif untuk memperkenalkan pariwisata Purwakarta. Karena itu, kami mendukung acara ini,” ujar Agus.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Film Purwakarta 2020 Bagus Iriandi menilai antusiasme masyarakat terhadap kegiatan tersebut lumayan cukup tinggi. Terbukti, dari 100 peserta yang diundang yang datang ke acara tersebut justru mencapai 300 orang.

“Dalam pembukaan kemarin, juga turut hadir berbagai kelompok sineas film lokal,” ujarnya.

Bagus berharap antusiasme tersebut juga terjadi pada pendaftaran peserta kompetisi film yang dibuka malam itu hingga 7 Maret 2020 mendatang. Dalam hal ini, panitia juga menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan selama Festival Film Purwakarta 2020 itu berlangsung.

“Rangkaiannya mulai dari workshop film, penayangan film dan bedah film, hingga kunjungan peserta ke tempat-tempat wisata di Purwakarta. Terakhir ditutup dengan malam penganugerahan film terbaik pada 28 Maret 2020,” jelas dia.

Terkait jumlah kategori penghargaan dalam Festival Film Purwakarta kali ini yakni sebanyak 16 nominasi. Jumlah tersebut bertambah dari sebelumnya yang hanya delapan nominasi. (Asep Mulyana)