Jangan Panik, Lakukan Ini untuk Terhindar dari Virus Corona

Jangan Panik, Lakukan Ini untuk Terhindar dari Virus Corona
Kepala bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rosye Arosdiani. (Yogo Triastopo)

INILAH, Bandung - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengimbau warga masyarakat tidak panik terkait kabar penyebaran virus korona yang tengah melanda dunia sekarang ini. 

Itu dikemukakan langsung Kepala bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rosye Arosdiani pada Selasa (28/1/2020). 

"Masyarakat saya pikir tidak perlu panik dan tidak perlu khawatir berlebihan. Tetapi waspada tetap harus dilakukan," kata Rosye di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung. 

Menurut dia, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah satu cara agar terhindar dari virus mematikan tersebut. Contoh paling ringan, adalah melakukan cuci tangan dengan sabun. 

"Lalu soal etika batuk. Ketika batuk gunakan kertas tisu untuk menutup atau dengan lengan bagian dalam. Itu semua diyakini bisa mencegah penyakit yang melalui saluran pernapasan," ucapnya. 

Khusus cuci tangan dengan sabun, sedikitnya dilakukan dengan waktu kurang lebih sekitar 20 detik. Itu dimaksudkan agar tangan dan jari jemari menjadi bersih serta bebas kuman. 

"Kapan saja ketika mau makan atau sebelum makan, atau ke kamar mandi saat buang air kecil dan besar dan juga sesudah memelihara binatang jangan lupa untuk selalu mencuci tangan," ujar dia. (yogo triastopo)