Blibli.com Perbanyak Layanan 'Omnichannel'

Blibli.com Perbanyak Layanan 'Omnichannel'
(Kiri-kanan) Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com, Fransisca Krisantia Nugraha, VIce President of Development Blibli.com Sherwin Sasmita dan Executive Director of Retailer Vertical Nielsen Indonesia, Wiwy Sasongko saat jumpa pers peluncuran layanan omnichannel BlibliMart di Jakarta, Selasa (28/1/2020). (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

INILAH, Jakarta- Platform berlanja online Blibli.com semakin serius menggarap layanan omnichannel untuk memberikan pengalaman berbelanja konsumen.

"Dengan layanan omnichannel, kami bisa melihat interaksi di toko seperti apa," kata Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com, Fransisca Krisantia Nugraha, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Ritel omnichannel adalah kondisi saat pelanggan bisa menggunakan lebih dari satu lapak penjualan seperti toko fisik maupun e-Commerce untuk melakukan riset, membeli, mengembalikan atau menukar barang dari peritel.

Mengawali tahun ini, Blibli.com baru saja meluncurkan gerai BlibliMart yang berkonsep toko tanpa kasir dan pembayaran dilakukan secara non-tunai melalui aplikasi Blibli.com.

Blibli.com memasukkan perluasan layanan omnichannel sebagai salah satu dari tiga strategi utama mereka di tahun 2020 ini. Krisantia mengutip data dari Nielsen, menilai preferensi konsumen untuk berbelanja melalui layanan omnichannel lebih besar dibandingkan dengan hanya berbelanja secara daring.

Mengutip data Nielsen, dari 2016 hingga 2018 terdapat kenaikan persentase konsumen yang menyukai berbelanja secara omnichannel, dari 56 persen ke 66 persen.

Pengguna yang berbelanja dengan layanan omnichannel akan mencari informasi yang lengkap baik melalui internet, maupun datang langsung ke toko untuk melihat produk asli.

Pun ketika membeli produk tersebut, mereka mau berbelanja secara daring maupun secara langsung.

Sementara untuk konsumen yang mencari informasi dan berbelanja sepenuhnya daring, jumlahnya hanya 6 persen pada 2016 dan 11 persen pada 2018.

Executive Director of Retailer Vertical, Nielsen Indonesia, Wiwy Sansongko menyatakan pesatnya pertumbuhan layanan omnichannel didukung peningkatan penetrasi penggunaan ponsel dan internet di Indonesia selama beberapa tahun belakangan.

Berdasarkan data Nielsen, sebanyak 55 persen penduduk Indonesia menggunakan internet.

Setelah penggunaan ponsel dan internet semakin besar, jumlah orang yang berbelanja secara daring pun meningkat sekitar 30 persen. Selain generasi milenial, angkatan di atasnya pun mulai akrab dengan teknologi.

Blibli.com selain melalui BlibliMart, juga memiliki layanan omncihannel Blibli Instore dan Click and Collect.