Mentan Ingin Berantan Wujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

Mentan Ingin Berantan Wujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern
Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo (tengah). (Reza Zurifwan)

INILAH, Bogor - Bertempat di Alana Hotel and Conference Center di Sentul City, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo meminta Badan Karantina Pertanian (Berantan) untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern.

"Konsep dan target kerja Barantan ini harus diperbaiki, lalu setelah berjalan selama beberapa waktu maka akan ada langkah evaluasi demi mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern," pinta Syahril Yasin Limpo kepada wartawan usai menjadi pembicara dalam acara Rapat Kerja Nasional Barantan, Selasa (28/1).

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini menambahkan Berantan sebagai pintu dan jajaran Kementerian Pertanian lainnya harus menghindari import produk pertanian.

"Import produk - produk pertanian ini bukan tidak boleh atau haram tetapi kalau bisa dihindari selagi petani masih bisa berproduksi, saya percaya Barantan dan jajaran lainnya ini punya harga diri karena kalau tidak maka untuk mencari harga murah dan mudah, semuanya bisa saja di import dari luar negeri," tambahnya.

Untuk menghindari import, Syahrul pun berharap ada program kerja yang bisa meningkatkan produksi produk - produk pertanian misalnya memperbanyak bibit unggul.

"Produksi bibit unggul dan tanaman hibridisasi (persilangan) ini harus diperbanyak, setelah itu selama beberapa tahun kedepan kita akan memetik hasilnya yaitu meningkatnya produksi produk - produk pertanian," tutur Syahrul.

Ia melanjutkan Berantan juga harus mengawasi import bibit atau produk pertanian agar prpduk tersebut tidak membawa virus atau penyakit ke tengah masyarakat Indonesia.

"Barantan ini pintu masuk dan keluarnya produk - produk pertanian hingga harus ketat dalam melakukan pengawasan hingga tidak ada produk pertanian yanh membawa masuk virus ke Indonesia, kepada segenap pegawai Barantan saya menghimbau agar mereka bekerja keras dan berkemauan kuat dalam melaksanakan tugasnya," lanjut politisi Partai Nasdem ini. (Reza Zurifwan)