Ini 10 Pemain Liverpool yang Belum Pernah Kalah di Anfield

Ini 10 Pemain Liverpool yang Belum Pernah Kalah di Anfield

INILAH, Liverpool - Liverpool terus melaju. Mereka menuju gelar pertamanya abad ini di ajang Liga Primer. Di tengah itu, ternyata ada 10 pemainnya yang belum pernah merasakan kekalahan di Anfield di ajang Liga Primer. Siapa saja?

Performa luar biasa Liverpool musim ini adalah karena pasukan Jurgen Klopp mampu memenangkan 20 laga kandang secara beruntun. Mereka selalu meraih poin penuh sejak dipaksa Leicester imbang 1-1 di Anfield, 12 bulan lalu.

Yang lebih heboh, kekalahan terakhir Liverpool di Anfield terjadi hampir tiga tahun lalu. Ketika itu, dua gol dari mantan strikernya, Christian Benteke, mengantarkan kemenangan 2-1 Crystal Palace atas Si Merah.

Liverpool kini memiliki 10 pemain yang tak pernah merasakan kekalahan di Anfield sejak mereka memperkuat klub asal Merseyside itu. Tentu saja, yang jadi perhitungan adalah laga-laga kandang di Kompetisi Liga Primer.

Sadio Mane berada pada posisi teratas. Penyerang berusia 27 tahun ini tak pernah kalah di Anfield dalam 59 pertandingannya. Bersama Liverpool, dia memenangkan 50 pertandingan, sedangkan sisa sembilan laga berkesudahan imbang.

Mane cukup beruntung. Cedera membuatnya absen saat Liverpool kalah dari Crystal Palace. Kalau tidak, tentu rekornya sejak pindah dari Southampton dengan transfer senilai 36 juta pound pada 2016, tak sementereng ini.

Rekor cemerlang juga diperlihatkan rekan duetnya, Muhammad Salah. Dia pun tak pernah kalah. Hanya, catatannya kalah dibanding Mane. Tentu, karena dia bergabung bersama Liverpool setahun setelah Mane mengenakan kostum merah. Salah 49 kali tampil di Anfield, memenangkan 40 laga dan seri di sisa sembilan pertandingan lainnya.

Tak hanya itu, penyerang Mesir ini juga meraih poin penuh di Anfield saat masih memperkuat Chelsea. Dia ikut berperan saat Chelsea mengalahkan Liverpool 2-0 pada 2014.

Klub asal Stamford Bridge itu pulalah yang menghadirkan kekalahan bagi Liverpool di Anfield saat Mane dan Salah ikut bermain. Chelsea mengalahkan Liverpool 2-1 lewat penampilan mengesankan Eden Hazard. Hanya saja, itu tak mematahkan rekor Mane dan Salah karena laga itu merupakan bagian dari Piala Liga musim lalu.

Kekalahan itu juga mencederai rekor tuga pemain Liverpool lainnya, Fabinho, Naby Keita, dan Xherdan Shaqiri. Tapi, di Liga Primer, ketiganya tetap tak pernah menderita kekalahan di Anfield.

Kekalahan lain yang merusak catatan bagus Liverpool di Anfield adalah saat mereka menyerah 2-3 dari West Bromwich Albion di Piala FA. Virgil van Dijk dan Alex Oxlade Chamberlain ikut dalam pertandingan itu. Begitu pula Mane dan Salah. Tapi, lagi-lagi, pertandingan tersebut bukan di ajang Liga Primer.

Tiga pemain Liverpool lainnya, Andrew Robertson, Alisson Becker, dan Adrian, bahkan tak pernah kalah di Anfield pada ajang apapun. Alisson kini punya rekor 27 kali main, 25 kali menang dan dua seri di Anfield pada ajang Liga Primer, sementara Robertson dengan 43 laga, 37 menang dan 6 seri, serta Adrian dengan 6 kali main, 6 kali menang.