Tanggulangi Banjir, Oded Akan Undang Tiga Kepala Daerah

Tanggulangi Banjir, Oded Akan Undang Tiga Kepala Daerah
Foto: Yogo Triastopo

INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, penanganan banjir di wilayah Bandung Timur dan sekitarnya tidak bisa hanya dilimpahkan kepada Kota Bandung saja. Persoalan banjir diakuinya menjadi kerja semua pemerintahan daerah.

"Perlu duduk bersama dan bersinergi untuk mencari solusi banjir, baik itu untuk banjir di Gedebage dan Kota Cimahi karena itu saling bersinggungan," kata Oded di Graha DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kota Bandung pada Rabu (29/1/2020).

Menurut dia, salah satu yang harus segera dikerjakan adalah upaya pengerukan sedimentasi lumpur. Sebab disebut dia, jika kedalaman sungai di kawasan Gedebage terus berkurang, potensi banjir di hilir pun akan kembali terjadi.

"Tetapi tetap perlu adanya sinergitas, mau tidak mau. Karena ketika sungai di kita sudah dikeruk tetapi di daerah Sapan air masih tinggi, kan percuma. Airnya akan kembali lagi ke kita. Makanya disini perlunya sinergitas," ucapnya.

Dia menambahkan, tak ada cara lain untuk penanganan banjir selain semua kepala daerah mulai dari bupati Bandung, wali kota Cimahi hingga petinggi di Pemprov Jabar harus duduk bersama dalam satu meja.

"Termasuk dari Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWS) harus ikut hadir. Nah, saya sudah rencanakan soal rapat kerja ini, mungkin setelah saya dari Jepang. Kita akan duduk bersama untuk mencari solusi penanganan banjir," ujar dia.

Hujan deras yang terjadi dalam kurun waktu ke belakang membuat kawasan Bandung Timur khususnya Komplek Bumi Adipura diterjang banjir. Dalam bencana tersebut, sedikitnya 400 rumah tergenang air. (Yogo Triastopo)