Tol Dalam Kota Bandung atau BIUTR, Mana yang Lebih Dulu Rampung

Tol Dalam Kota Bandung atau BIUTR, Mana yang Lebih Dulu Rampung

NILAH, Bandung-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menggenjot sejumlah proyek infrastruktur di Kota Bandung pada tahun ini. Selain tol dalam kota, pembangunan Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) pun akan disiapkan.

 
Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa menyampaikan proyek BIUTR tersebut tinggal menunggu selesainya nota kesepahaman (MoU) antar pihak terkait. 
 
"BIUTR juga akan dijalankan tahun ini. Kita sedang bahas, dari Kementrian juga sudah datang. Tinggal persetujuan atau MoU antara para kepala daerah," ujar Iwa.
 
Kata dia, BIUTR ini nantinya akan terkoneksi dengan tol dalam kota atau North South Link (NS-Link) yang terhubung dari Tol Pasirkoja-Pusdai, Kota Bandung. Pembangunannya akan dikerjakan secara pararel di tahun ini. 
 
"Saya juga sudah lapor ke gubernur dan mendukung. Tinggal saya koordinasi dengan Mang Oded (Wali Kota Bandung)," katanya.
 
Disampaikan, MoU akan dilakukan oleh Pemprov Jabar, Pemkot Bandung dan Kementerian PUPR. Bersamaan dengan itu akan menentukan besaran sharing anggaran saat pembebasan lahan sekaligus menjadi dasar Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) untuk membantu pendanaan proyek tersebut. 
 
"Jadi (MoU) ini antara PUPR, Pemprov dan Kota Bandung menyangkut sharing badget. Pemprov dalam pembahasan untuk (anggaran) pembebasan (lahan). Yang lainnya itu pusat. Aprove JICA juga nunggu MoU selesai, tinggal satu itu saja," ucapnya. 
 
Pihaknya  akan terus mendorong agar proses MoU terkait pembangunan proyek ini bisa lancar dan segera rampung. Karena itu akan  berkomunikasi dengan Pemkot Bandung untuk membahas pembangunannya.
 

"(MoU) ini dalam proses, kita berupaya secepatnya. Kita perlu komunikasi dengan Mang Oded (Wali Kota Bandung), karena penerima manfaatnya kan Kota Bandung," pungkasnya.