Pemkab Bandung Fasilitasi Layanan Kesehatan Ilham

Pemkab Bandung Fasilitasi Layanan Kesehatan Ilham

INILAH, Soreang- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus menggenjot berbagai program terutama dalam bidang pelayanan kesenjangan sosial dan kesehatan. Melalui Dinas Sosial Kabupaten Bandung dan Kecamatan Soreang, Ilham Dwiguna Saputra (20) penderita gizi buruk yang beralamat di Kampung Babakan RT 03 Rw 14 Desa Pamekaran Soreang, mendapatkan bantuan kursi roda dan layanan kesehatan prima.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengungkapkan,  selain sebagai program sekaligus kewajiban pemerintah dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat terutama masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan yang menjadi prioritas utama.

"Kepeduliaan ini akan mengurangi derita sesama manusia. Selain sebagai program pemerintah, layanan prima khususnya kepada masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan akan menjadi prioritas,” ungkapnya melalui rilis yang diterima INILAH, Selasa (8/1/2019)    

Bupati menyampaikan terima kasih atas kinerja pemerintah di wilayah Soreang dan para fasilitator Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) yang sudah bekerja sabilulungan untuk peduli warga.

Menurutnya, kalau pola kebersamaan ini terus dilakukan, diimbangi dengan rasa sosial dan peduli yang tinggi, tentu saja permasalahan kesenjangan yang terjadi di tengah-tengan masyarakat bisa diminimalisir.

"Ya kalau hati tergerak secara sabilulungan untuk saling peduli, pastinya persoalan semacam ini akan cepat tertangani. Apalagi sudah ada Puskesos di tingkat desa. Jadi lebih dekat dengan warga," imbuhnnya.

Seperti diketahui, Ilham anak pertama dari pasangan Heni Merinda (38) dan Dedi Irawan (41) itu, menderita lumpuh sejak 19 tahun lalu. Ilham divonis menderita gizi buruk akibat kekurangan asupan nutrisi karena  kesenjangan ekonomi.

Ditemui di tempat berbeda, Camat Soreang Rusli Baijuri menyampaikan, bahwa pihaknya sudah menyalurkan bantuan kursi roda dari Pemerintah Kabupaten Bandung dan layanan kesehatan bersama pihak Puskesos Desa Pamekaran.

"Ilham sudah kembali ceria dan bersemangat melakukan aktivitasnya, tugas kita selanjutnya adalah memberi semangat dan jangan mengucilkan. Ayo kita tumbuhkan rasa empati dan peduli akan derita orang lain,”ujarnya.

Dia berharap, selain menjadi program dari pemerintah, bantuan dan kepedulian semacam itu akan tumbuh dari masyarakat yang lebih mampu. "Jadi kepada para Agnia, jangan ragu untuk saling tolong menolong,” harapnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui telepon cellular, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung drg. Grace Mediana.,M.Kes  langsung melakukan peninjauan lapangan ke kediaman Ilham, untuk memastikan kondisi kesehatannya. "Sore ini, kita telah lakukan kunjungan langsung ke rumah Ilham, dan kita tentukan penanganan apa yang akan diberikan. Mudah-mudahan bisa tertangani secepatnya," ujarnya.(*)