PDIP Tanam 222.220 Bibit Pohon di DAS Citarum

PDIP Tanam 222.220 Bibit Pohon di DAS Citarum
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mencanangkan program penghijauan Leuweung Pajajaran dengan menanam sebanyak 222.220 bibit pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. 

Pencanangan Leuweung Pajajaran ini ditandai dengan dilakukanya penanaman bibit pohon Saninten oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Krisyanto di areal hutan di kawasan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung Desa Malakasari Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Minggu (2/2/2020).

Hasto mengatakan, gerakan menanam, menjaga sumber air, mencintai bumi ini sebagai kado ulang tahun istimewa untuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan juga ulang tahun partai. Sebab, diakuinya memang kecintaan Megawati terhadap alam dan kelestarian alam sangat kuat. Karena dengan menaman, merawat sumber mata air dan menjaga bumi, pastinya akan memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Gerakan menanam dan menjaga bumi ini menjadi kebijakan partai. Bahkan keberpihakan terhadap lingkungan ini menjadi tolak ukur kinerja kader partai kami. Kami selalu mencalonkan kembali kepala daerah yang membuat hutan raya, seperti Ganjar Pranowo dan  Rano Karno, kemudian kami juga selalu mengapresiasi kepala daerah lain yang punya komitmen terhadap lingkungan," kata Hasto.

Dia menuturkan, politik lingkungan yang membumi ini menjadi kebijakan penting partai berlambang kepala banteng moncong putih. Gerakan menaman, menghijaukan bumi terus digalakan partai hingga ketingkat bawah. Bahkan pihaknya juga telah mengintruksikan pada semua jajaran partai agar semua sekertariat partai ditanami pepohonan. Sekertariat partai harus membuat vertical garden. Begitu juga dengan kader partai harus menjadi pelopor di lingkungan rumahnya dengan menaman pohon.

"Dengan menanam sendiri, masyarakat tidak perlu membeli sayuran. Nah di sisi lain pemerintah juga terus berupaya meningkatkan produksi dan kualitas pertanian dengan tujuan ekspor, dengan begitu tentu akan mendatangkan kemakmuran," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiasi kebijakan PDIP dalam keberpihakannya terhadap lingkungan ini. Langkah PDIP iu diakuinya sebagai aksi nyata dari tugas partai yakni pelayanan terhadap masyarakat. 

"Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan PDIP yang menanam sebanyak 250 ribu pohon. Kita juga mencangkan penanaman pohon sebanyak 50 juta. Ini menandakam optimisme bahwa penghijauan bumi, menjaga alam itu bukan hanya kewajiban pemerintah saja tapi semua orang," katanya. 

Pria yang akrab disapa Emil juga mengajak partai lainnya di Indonesia, khususnya di Jabar untuk melakukan gerakan yang sama. Yakni menanam, menjaga dan merawat bumi. 

"Saya imbau agar partai lain melakukan hal yang sama. Karena ini bukan soal ego sektoral politik, tapi ini soal kita sama sama menghirup udara dan minum air di tempat ini. Jadi mari kita sama sama menanam dan menjaga lingkungan," ujarnya. (Dani R Nugraha)