Indramayu Tambah 20 Ribu Hektare Luas Lahan Tanam

Indramayu Tambah 20 Ribu Hektare Luas Lahan Tanam

INILAH, Indramayu – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kebupaten Indramayu, Jawa Barat mengungkapkan, pada musim rendeng (hujan) luas lahan tanam padi di wilayah itu bertambah 20 ribu hektare, dikarenakan pasokan air mencukupi.

 

 

"Kalau untuk Indramayu ada penambahan luas tanam 20 ribu hektare di musim tanam rendeng," kata Wakil Ketua KTNA Kabupaten Indramayu Sutatang di Indramayu, Selasa (8/1/2019).

 

Dia mengatakan, penambahan luas tanam pada musim rendeng itu, membuat luas lahan pertanian di Kabupaten Indramayu menjadi 136 ribu hektare, karena untuk luas lahan baku di Indramayu itu mencapai 116 ribu hektare.

 

Dengan adanya penambahan luas tambah lahan, pihaknya berharap bisa terus menyumbang produksi beras Nasional.

 

"Di Indramayu ini luas baku lahan pertanian khususnya padi mencapai 116 ribu hektare dan jika ditambah tanam musim rendeng semua menjadi 136 ribu," ujarnya.

 

Untuk luas tambah tanam di Indramayu, lanjut Sutatang berada di lima kecamatan yaitu di Kecamatan Cikedung, Trisi, Kroya, Haurgelis dan Gantar. Kelima kecamatan tersebut merupakan daerah yang ketika musim hujan tiba akan semakin banyak petani yang menggarap lahannya untuk ditanami padi.

 

Sementara untuk di Kabupaten Indramayu, masa tanam padi selama satu tahun rata-rata sebanyak dua kali, yaitu masa tanam musim rendeng (hujan) dan masa tanam gadu.

 

"Rata-rata masa tanam dalam satu tahun itu dua kali, namun ada dibeberapa kecamatan yang bisa sampai tiga kali, yaitu di Kecamatan Sukagumiwang, Bangodua, Sukadana dan juga Kecamatan Indramayu," katanya.

Loading...