Beragam Fitur Canggih dalam Sebuah SUV Modern

Beragam Fitur Canggih dalam Sebuah SUV Modern
istimewa

KEHADIRAN Mitsubishi Eclipse Cross dengan tampilannya yang stylish dan modern pada Juli 2019 lalu, benar-benar memukau publik Tanah Air.

Kendaraan anyar ini merupakan sebuah SUV (Sport Utility Vehicle) yang memadukan garis-garis yang tajam dan stylish, dengan gaya dan performa khas Mitsubishi.

Mitsubishi Eclipse Cross memang diciptakan bagi masyarakat perkotaan yang menginginkan sebuah kendaraan tangguh tapi tetap lincah saat membelah jalan di kota besar.

Tampilan depan sudah mengusung bahasa desain 'Dynamic Shield" yang merupakan DNA Mitsubishi Motors.

Sementara di bagian belakang, SUV ini semakin menarik dengan desain Tailgate Window yang hadir dengan gaya coupe. Menjadikan kaca belakang seperti terbagi dua dirancang khusus tanpa mengurangi visibilitas pengendara.

Namun, yang menjadi senjata utamanya adalah mesin 1.5 liter yang dibekali turbocharger. Padanan mesin turbo dengan bodi yang cukup kompak membuat Eclipse Cross lebih bertenaga pada RPM rendah-menengah.

Engine MIVEC 1.5L turbo ini merupakan mesin baru yang dikembangkan oleh Mitsubishi Motors yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 150 PS dan torsi 250 Nm.

Untuk menggerakkan roda depan, Mitsubishi memadukannya dengan transmisi CVT 8-speed pertama yang ada di mobil mereka. Transmisi INVECS-III CVT ini mendukung efisiensi bahan bakar dan akselerasi terasa lebih nyaman.

Melesat di kawasan perkotaan yang cenderung padat dapat dengan nyaman dilibas bersama Eclipse Cross. Terlebih dengan adanya fitur Auto Brake Hold, di mana saat terjebak kemacetan Anda tidak perlu menahan pedal rem terus menerus.

Cukup aktifkan saja fitur ini, maka mobil akan berhenti total saat pedal rem diinjak, dan cukup injak pedal gas lagi untuk kembali melaju. Fitur ini sangat meringankan beban kaki pengemudi terutama di kemacetan.

Jika ingin pergi keluar kota pun, tenaga yang dihasilkan oleh mesin MIVEC turbo ini pun terbilang mumpuni. Akselerasinya terasa sangat menyenangkan untuk sebuah SUV Crossover.

Ditambah lagi dengan hadirnya fitur-fitur canggih di dalamnya. Sebut saja Adaptive Cruise Control yang lebih pintar dari fitur Cruise Control biasa. Fitur ini bisa membebaskan pengemudi dari pedal gas dan juga pedal rem.

Karena dengan Adaptive Cruise Control, mobil bisa menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas.

Saat Adaptive Cruise Control diaktifkan dengan kecepatan tertentu, maka mobil akan menjaga kecepatan dengan kendaraan di depannya tanpa harus menekan pedal gas dan pedal rem.

Jika kendaraan di depan mengurangi kecepatan, maka otomatis fitur ini juga akan mengurangi sendiri kecepatannya. Begitu mobil di depan kembali melaju, maka Eclipse Cross juga akan menambah kecepatan sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan oleh pengemudi.

Mitsubishi juga menyediakan fitur Paddle Shift yang bisa memberikan kebebasan pengemudi saat ingin merasakan sensasi berkendara manual.

Ditambah dengan adanya fitur Active Yaw Control (AYC) yang akan mengoptimalkan kekuatan rem, sehingga mobil tetap terkontrol bahkan saat kondisi jalanan licin dan basah.

Hadirnya transmisi INVECS-III CVT juga membuat perpindahan gigi di Eclipse Cross terasa sangat halus sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara.

Ditambah dengan Sport Mode di transmisi juga meyuguhkan pengendaraan yang sangat halus, tapi juga bisa agresif.

Tak hanya itu, Mitsubishi Motors juga membekali Eclipse Cross dengan berbagai fitur canggih lainnya. seperti teknologi Head Up Display, yakni layar transparan yang menampilkan informasi kecepatan, dan fitur-fitur lain jika diaktifkan.

Kemudian ada juga Blind Spot Warning yang menampilkan peringatan di kaca spion luar jika ada kendaraan di samping kanan dan kiri mobil. Sehingga pengendara dapat lebih aman jika ingin berpindah lajur.

Di bagian kabin, terdapat Power Panoramic Sunroof dengan twin sunroof yang dapat dioperasikan secara terpisah. Bagian depan dapat dibuka keluar secara otomatis sehingga penumpang dapat merasakan sensasi masuknya sinar matahari.

Selain itu fitur multimedia terbaru juga sudah dilengkapi dengan fitur Touchpad Controller. Artinya pengendara semakin mudah untuk mengatur Smartphone-Link Display Audio hanya dengan sentuhan jari pada touchpad yang terletak di samping tuas transmisi.

Sebagai sebuah crossover modern, Eclipse Cross ini juga memiliki fitur keselamatan yang canggih. Sebut saja 7 buah SRS Airbag yang dapat melindungi pengemudi dan semua penumpang ketika terjadi benturan.

Kemudian fitur Forward Collision Mitigation System (FCM) yang mencegah terjadi benturan ketika ada objek di depan yang berhenti mendadak, dan mampu mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser.

Lalu ada juga Rear Cross Traffic Alert yang memberikan peringatan ketika mobil dalam posisi mundur dan ada kendaraan lain di belakang. Serta fitur Ultra Misacceleration Mitigation System (UMS) yang mencegah mobil melaju ketika pedal gas secara tidak sengaja terinjak ketika sedang berada di parkiran.

Kombinasi fitur-fitur keselamatan ini sudah teruji dengan membuahkan skor Keamanan Bintang 5 (lima) dari ASEAN NCAP pada tahun 2018.

Ada tiga varian warna yang tersedia dari Mitsubishi Eclipse Cross ini, yaitu Amethyst Black, Silky White, dan Red Diamond.

Untuk harganya, mobil ini dibanderol Rp481 juta untuk warna Amethyst Black, Rp484 juta untuk warna Silky White, dan Rp486 juta untuk warna Red Diamond. Semua harga berstatus on-the-road (OTR) wilayah DKI Jakarta. (inilah.com)