Ternyata, Puluhan Bangunan SDN di Karawang Terancam Ambruk

Ternyata, Puluhan Bangunan SDN di Karawang Terancam Ambruk
(Antara Foto)

INILAH, Karawang- Puluhan bangunan Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kondisinya rusak dan terancam ambruk jika tidak segera diperbaiki.

"Saya sudah mendapat laporan dari Disdikpora (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga), masih banyak bangunan SDN rusak," kata Wakil Bupati Ahmad Zamakhsyari, di sela meninjau bangunan sekolah yang ambruk, di Karawang, Senin (10/2/2020).

Ia mengatakan sesuai dengan laporan Disdikpora Karawang, hingga saat ini terdata 67 bangunan Sekolah Dasar Negeri yang rusak dan terancam ambruk jika tidak segera diperbaiki.

Wabup meminta Disdikpora Karawang berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat setempat karena alokasi anggaran perbaikan atau renovasi bangunan SDN ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Selain itu, ia juga menyarankan agar dinas terkait berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan kejaksaan berkaitan dengan penggunaan anggaran perbaikan bangunan sekolah yang rusak.

Hal tersebut perlu dilakukan karena perbaikan bangunan sekolah masuk kategori darurat.

"Maksudnya bagaimana pandangan hukum jika perbaikan bangunan sekolah itu tidak harus menunggu lelang. Karena jika menunggu lelang membutuhkan waktu lama. Itu harus dikoordinasikan dengan pihak kepolisian dan kejaksaan," kata Wabup. (Antara)