WNA China di RSUD Gunungjati Cirebon Negatif Virus Corona

WNA China di RSUD Gunungjati Cirebon Negatif Virus Corona
RSUD Gunungjati Cirebon merilis kondisi WNI China yang diduga suspect virus corona., Selasa (11/2/2020) siang WIB. (Maman Suharman)

INILAH, Cirebon -RSUD Gunungjati Cirebon merilis kondisi WNI China yang diduga suspect virus corona. Wanita berinisial XC tersebut, akhirnya dinyatakan negatif virus corona setelah seminggu dirawat diruang isolasi.

"Pasien yang sebelumnya diduga terkena virus corona kami nyatakan negatif. Ini setelah dilakukan observasi memang terdapat panas badan dan batuk, namun tidak ada sesak nafas. Paru-parunya saat ini dalam kondisi baik," kata Direktur RSUD Gunungjati Cirebon, dr. Ismail Jamaludin saat menggelar konferensi pers di salah satu ruangan rumah sakit, Selasa (11/2/2020).

Diungkap Ismail, sejak tanggal 4 Februari yang lalu pasien dimasukan ke dalam ruang isolasi karena diduga mengidap virus corona. Hal itu dilakukan karena pasien berasal dari provinsi Hubei China sebagai daerah penyebar utama virus corona.

"Sebelumnya kita perlakukan pasien seperti pengidap virus corona. Kita khawatirkan gejala yang dialami oleh pasien seperti gejala virus corona. Apalagi pasien ini berasal dari provinsi Hubei dimana Kota Wuhan berada di provinsi Hubei," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak RSUD Gunungjati Cirebon yang telah menangani pasien dengan baik. Disebutkannya pula yang bersangkutan terlihat sangat ceria dan sempat menampilkan gerakan tari topeng yang sebelumnya telah dipelajari.

"Kami akan melakukan pemantauan terhadap XC dan keempat temannya sampai berangkat ke yogyakarta pada tanggal 13 Februari mendatang," jelas Enny.

Enny menambahkan, sebelum XC bersama rekan-rekannya berangkat ke Yogyakarta, pihaknya akan melakukan koordinasi kepada Dinas Kesehatan Yogyakarta. Hal itu supaya ke lima WNA tersebut bisa dipantau oleh Pemda setempat. Dinkes juga akan menginformasikan kepada camat Losari bahwa ke lima WNA negatif virus corona.

"Semua WNA ini dinyatakan dalam kondisi sehat, jadi buat masyarakat jangan pernah merasa resah dengan informasi sebelumnya mengenai kondisi lima WNA ini," pungkasnya. (maman suharman)

Attachments area