Kodim 0624 Diresmikan, Pola Pengamanan Kabupaten Bandung Lebih Intensif

Kodim 0624 Diresmikan, Pola Pengamanan Kabupaten Bandung Lebih Intensif
Bupati Bandung H. Dadang M. Naser bersama Komandan Kodim (Dandim) 0624/Kabupaten Bandung. Letkol Inf. Donny Ismuali Bainuri. (antara)

INILAH, Soreang - Kabupaten Bandung kini memiliki Komando Distrik Militer (Kodim) sendiri, setelah Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto meresmikan Kodim 0624/Kabupaten Bandung yang bermarkas di Jalan Cipatik, Desa Jatisari, Kecamatan Kutawaringin.

Peresmian itu menyusul dilantiknya Letkol Inf. Donny Ismuali Bainuri sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0624/Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser menyambut baik pembentukan dan peresmian kodim yang telah sejak lama ditunggu kehadirannya, baik oleh pemerintah daerah (pemda) maupun masyarakat Kabupaten Bandung.

"Atas nama pemda dan masyarakat Kabupaten Bandung, saya mengucapkan terima kasih atas diresponsnya pembentukan Kodim 0624. Dengan diresmikannya kodim ini, akan semakin mempermudah komunikasi antarunsur pimpinan daerah di Kabupaten Bandung," ucap Dadang Naser di sela-sela kegiatan peresmian, Selasa (11/2/2020).

Menurut Bupati, pembentukan kodim baru ini merupakan peran penting TNI dalam pengamanan wilayah, dan percepatan pemerataan pembangunan di Kabupaten Bandung. Terutama, mengingat cakupan wilayah yang cukup luas, dengan jumlah penduduk terbesar kedua di Indonesia, yang mencapai sekitar 3,7 juta jiwa.

"Kita sudah lama menunggu hadirnya kodim ini. Bagaimana pun, pembangunan di bidang keamanan harus diutamakan. Saya yakin dengan didekatkannya Makodim, pola pengamanan di Kabupaten Bandung akan lebih intensif," ujar bupati.

Kodim 0624 yang membawahi 16 Komando Rayon Militer (Koramil), dirasa Dadang Naser masih kurang. Ia mengusulkan dibentuk lagi koramil-koramil sehingga dapat hadir di setiap kecamatan yang ada.

"Idealnya ada 31 koramil. Namun saat ini strateginya ada posko-posko dulu atau sub sistem, sehingga mempermudah pendekatan pengayoman keamanan di masyarakat. Terutama, menghadapi revolusi industri 4.0, yang membutuhkan antisipasi penuh dari seluruh pihak," tutur Kang DN panggilan akrabnya.

Usai acara peresmian, Dandim 0624 Donny Ismuali memaparkan pembangunan yang telah dilakukan di Markas Kodim (Makodim) yang dipimpinnya itu.

Makodim 0624 dibangun di atas lahan seluas 12.575 meter persegi. Ini merupakan hibah dari Pemkab Bandung pada 2004. Sedangkan Rumah Dinas Ddandim dan Kasdim (Kepala Staf Kodim) berdiri di atas lahan seluas 804 meter persegi, juga merupakan hibah dari Pemkab tahun 2019.

Pemkab juga memberikan beberapa fasilitas penunjang lainnya, antara lain Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) memberikan dukungan berupa pematangan lahan, pembuatan jembatan, dan pemagaran keliling pangkalan.

"Disperkimtan, DLH, dan Dishub juga memfasilitasi pembuatan taman, pengadaan tempat-tempat sampah serta marka jalan. Alhamdulillah, Pemkab Bandung total memberikan dukungan dalam mempersiapkan Makodim ini di lapangan. Untuk itu kami mengucapkan banyak terima kasih," pungkas Donny. (agus sn)