Di Purwakarta, Program Desa Wisata Telah Dikembangkan Sejak Lama

Di Purwakarta, Program Desa Wisata Telah Dikembangkan Sejak Lama

INILAH, Purwakarta – Pemerintah pusat, saat ini telah mencanangkan pembangunan desa wisata. Setiap daerah pun, didorong untuk melakukan pengembangan program tersebut. Langkah ini dilakukan, guna meningkatkan devisa Negara.

Kabupaten Purwakarta, ternyata sudah terlebih dahulu melakukan pengembangan desa wisata yang dimaksud. Bahkan, kawasan desa wisata di wilayah ini sudah menjadi tujuan wisata sejak 1982 lalu. Adalah Kampung Tajur. Lokasi desa wisata berada di Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Irfan Suryana menuturkan, selama ini pemerintah daerah telah menjadikan Kampung Tajur tersebut sebagai tujuan wisata alam unggulan yang bersendikan edukasi dan kearifan lokal.

“Kampung ini sudah menjadi tujuan wisata sejak 1982 lalu. Hampir tiap pekannya, tak kurang dari 50 hingga 200 wisatawan datang ke sini,” ujar Irfan kepada INILAH, Rabu (12/2/2020).

Dia menjelaskan, ada satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan datang ke perkampungan yang letaknya di lereng Gunung Burangrang tersebut. Yakni, keberadaan pemukiman dengan organisasi penduduk yang tertata dengan baik.

Di perkampungan tersebut hanya ada 40 rumah yang tertata dengan sangat rapi. Selain itu, ada daya tarik lain berupa arsitektur sunda, yakni rumah panggung yang terbuat dari bahan bangunan kayu dan bambu.

Bagi masyarakat perkotaan, suasana lingkungan nan alami seperti ini mungkin merupakan sesuatu yang luar biasa dan sangat langka didapat. Apalagi, suasana yang sangat alami ini pun didukung pemandangan yang eksotik. Tak heran, dengan keindahannya itu membuat kampung ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi masyarakat perkotaan.

“Selain berwisata, biasanya para pengunjung yang datang juga turut ikut dan berbaur dengan aktivitas warga. Semisal, bercocok tanam, membajak sawah, tanam padi, beternak dan lainnya,” kata dia.

Irfan menjelaskan, wisata alam Kampung Tajur sejauh ini menjadi salah satu tujuan favorit. Apalagi, di musim liburan. Pengunjungnya, kata dia, sebagian besar warga dari luar daerah. Selain itu, pengunjung juga banyak dari kalangan pelajar. Karena, di desa wisata ini para pengunjung bisa berlibur sekaligus belajar. (Asep Mulyana)