Carsa : Bupati Janji Berikan Kerjaan Jika Berikan Uang

Carsa : Bupati Janji Berikan Kerjaan Jika Berikan Uang
Carsa ES dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap kepada Bupati Indramayu Supendi, di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan RE Martadinata, Rabu (12/2/2020). (Ahmad Sayuti)

INILAH, Bandung- Penyuap Bupati Indramayu Carsa ES mengaku tidak pernah memberi uang kepada pejabat di Pemkab Indramayu jika tidak ada diminta. Carsa pun berharap itu jadi modal untuk mendapatkan proyek di Pemkab Indramayu.

Hal itu diungkapkan Carsa ES dalam sidang lanjutan kasus dugaan suap kepada Bupati Indramayu Supendi, di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan RE Martadinata, Rabu (12/2/2020).

Di persidangan Carsa mengaku tidak pernah punya inisiatif memberikan uang kepada Bupati Indramayu, Kadis PUPR Omarsyah dan stafnya Wempi serta Fery jika tidak ada permintaan dari mereka.

”Saya gak pernah memberi jika tidak ada permintaan. Ya dengan harapan nanti imbalannya saya dapat proyek,” katanya di persidangan.

Makanya, lanjut Carsa, setiap pemberian terhadap bupati  ataupun Kadis PUPR dan stafnya, dia selalu menyuruh Yahya untuk mencatatnya. Dengan harapan dikemudian hari itu jadi hitungan untuk menagih mendapatkan proyek.

”Kemudian soal mengajukan proposal ke dinas siapa yang menyuruh,” tanya jaksa KPK.

”Oleh bupati suruh menghubungi dinas, dan begitu juga saat pinjam bendera. Kalau pengajuan prosal untuk bantuan provinsi (Banprov) itu atas suruhan Rozaq,” ujarnya.

Carsa pun mengklaim sepatutnya bupati tahu jika permintaan sejumlah uang kepadanya untuk memenuhih semua kebutuhan, suatu hari bakal ditagihnya untuk mendapatkan pekerjaan di lingkungan Pemkab Indramayu.

”Saya sebagai pengusaha butuh pekerjaan, kalau gak memberi nanti gak punya kerjaan. Dulu pernah gak ngasih kerjaan selama setahun, karena gak ngasih,” tegasnya.

”Apakah saat diminta saudara (Carsa) kasih walaupun belum ada pekerjaan,” tanya ketua majelis I Dewa Gede Suardhita.

”Iya saya kasih, walaupun saat itu saya gak punya uang. Karena beliau (Bupati) janji nanti akan memberikan pekerjaan,” tutupnya.