'Banjir Dukungan di Rempug Jukung Sauyunan Pikeun Ngawujudkeun Jabar Juara Lahir'

'Banjir Dukungan di Rempug Jukung Sauyunan Pikeun Ngawujudkeun Jabar Juara Lahir'
foto: humas pemprov jabar

INILAH, Jakarta- Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) di bawah kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil menggelar Forum Silaturahmi Tokoh Masyarakat Jawa Barat Tahun 2020 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (12/2).

Forum bertajuk 'Rempug Jukung Sauyunan Pikeun Ngawujudkeun Jabar Juara Lahir Batin' yang dihadiri anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar, anggota DPD RI utusan Jabar, bupati/wali kota se-Jabar, perwakilan DPRD kabupaten/kota se-Jabar, perwakilan DPRD Jabar, kepala OPD se-Jabar, seniman dan budayawan Jabar, serta tokoh Jabar ini bertujuan melahirkan komunikasi yang bersinergi antara semua pihak yang hadir dalam upaya membangun Jabar.

Usai acara, anggota DPR dan DPD RI mengapresiasi dan mendukung forum silaturahmi di era Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum ini, salah satunya melalui penandatangan komitmen dukungan terhadap forum 'Rempug Jukung Sauyunan Pikeun Ngawujudkeun Jabar Juara Lahir Batin'.

Menurut anggota DPD RI utusan Jabar Eni Sumarni, Forum Silaturahmi Tokoh Masyarakat Jawa Barat Tahun 2020 sangat baik digelar sebagai ajang bertemunya antara pejuang-pejuang legislasi dan pejuang-pejuang daerah yang berujung adanya legislasi untuk kepentingan daerah. "Harapannya, forum silaturahmi ini jangan hanya satu kali diadakan," ujarnya.

Sementara menurut anggota Komisi I DPR RI sekaligus presenter dan aktor kondang Jabar Muhammad Farhan, forum ini merupakan sebuah konsep yang menarik sebagai alignment atau pemersatu antara apa yang sedang dilakukan Pemda Provinsi Jabar dengan legislator asal Jabar di DPR RI.

Farhan mengatakan, 91 anggota DPR RI dari 11 dapil Jabar ini patut memanfaatkan posisinya di parlemen untuk memperjuangkan provinsi dengan penduduk hampir 50 juta jiwa --terbesar di Indonesia-- itu.

"Semua orang punya potensi masing-masing yang perlu diajak untuk bersama-sama mengembangkan Jabar. Karena secara politik kita ada kepentingan dengan Jabar, dan Jabar pun boleh memanfaatkan kita selama kita ada di DPR RI. Ini merupakan usaha sadar yang sangat menarik," ucap Farhan.

Adapun dalam Forum Silaturahmi Tokoh Masyarakat Jawa Barat Tahun 2020, Kang Emil --sapaan akrab Ridwan Kamil-- meminta dukungan anggaran yang berkeadilan dari APBN untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat di daerah. 

Sementara dalam sesi diskusi, para tokoh yang hadir terutama anggota DPR RI asal dapil Jabar memberikan tanggapan atas aspirasi Kang Emil dan memberikan masukan untuk memajukan Jabar, termasuk terkait usulan pemekaran melalui Daerah Otonom Baru (DOB). 

Sesepuh Jabar Otje Djundjunan alias Ceu Popong pun menyuarakan semangat bersinergi lewat forum silaturahmi seperti kali ini. Menurutnya, semua eksponen Jabar harus menyamakan persepsi dengam melepaskan kepentingan organisasi dan golongan demi Jabar yang lebih maju.

Pun menurut Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi, inisiatif Kang Emil untuk mengumpulkan para tokoh Jabar di semua level harus didukung. “Ide dan semangat Pak Gubernur penting untuk kita support tapi dalam pelaksanaannya, kawan-kawan pemda yang harus proaktif,” ujarnya.

“Momen ini tepat dan harus di-follow up. Mempertemukan berbagai partai tidak mudah. Kepala daerah harus mampu menunjukkan persepsi kepada anggota dewan. Harus melepaskan baju partainya. Negara di atas segalanya, kalau dia orang daerah, ya, daerah di atas segalanya,” tambah Dede Yusuf.