Sekda Harap Panitia Tes CPNS Lebih Teliti

Sekda Harap Panitia Tes CPNS Lebih Teliti
istimewa

INILAH, Bandung - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna melakukan monitoring seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri Sipil (CPNS) di Graha Batununggal Indah. 

Dalam kegiatan tersebut, dirinya ingin memastikan kelancaran tenaga personil, mengecek sarana dan prasarana, juga soal kebersihan dan kenyamanan selama tes CPNS berlangsung. 

"Keinginan utama saya adalah kenyamanan para peserta agar tidak terganggu, dan memberikan pelayanan terbaik dalam jalannya tes ini," kata Ema pada Rabu (12/2/2020) kemarin. 

Selain hal itu, dia berharap agar panitia melihat secara detail dan berhati-hati dalam setiap tahapan terhadap peserta. Itu dituturkan dia untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Indikasi tindak kecurangan pasti ada, tetapi semoga tidak terjadi di tahun ini. Makanya panitia harus verifikasi tiap tahap untuk menghindari adanya joki. Ini perlu pengawasan ketat," ucapnya. 

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung Yayan A Brilyana mengatakan bahwa hari pertama tes CPNS masih banyak kendala yang dihadapi. 

Salah satu contoh, dituturkan dia seperti tata letak pada saat verifikasi dan area tunggu para peserta. Itu disebut dia hal tak terduga yang harus segera dibenahi pihaknya. 

"Kita tidak duga sebelumnya. Banyak yang kepanasan dan jalur jalan yang tidak aederhana. Nah rencanannya kita akan ubah layout ini agar para peserta tes CPNS lebih nyaman," ujar dia. 

Hal lainnya, ditambahkan dia bahwa peserta tes CPNS masih banyak yang melakukan kesalahan. Namun demikian, toleransi diberikan jika kesalahan itu dapat diperbaiki. 

"Contoh, seperti peserta yang salah kostum, sepatu yang tidak sesuai dan bagi wanita warna kerudung selain putih masih kita toleransi. Tetapi kalau kesalahannya fatal, kita tidak bisa toleransi," tandasnya. (yogo triastopo)