Harga Bawang Putih di Kota Bandung Turun Hingga Rp 10.000/kg

Harga Bawang Putih di Kota Bandung Turun Hingga Rp 10.000/kg
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin)

Harga Bawang Putih di Kota Bandung Turun Hingga Rp 10.000/kg

 

INILAH, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan telah ada penurunan harga bawang putih. Harga bawang putih dikunci Rp 50 ribu dari semula Rp 55 hingga Rp 60 ribu per kilo. 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Eli Wasliah mengatakan, penurunan bawang putih di pasar tradisional mulai berlaku per hari ini pada Kamis (13/2/2020). 

"Per hari ini sudah berkisar di Rp 50 ribu. Ini setelah kami melakukan pemantauan di delapan pasar tradisional diantaranya Pasar Kiaracondong, Kosambi, dan lainnya," kata Eli di Balai Kota, Jalan Wastukancana, Kota Bandung. 

Kenaikan harga bawang putih dalam satu pekan kemarin, dituturkan dia lantaran beberapa hal. Satu diantaranya ditemukan spekulan atau pihak menimbun, dan memainkan harga. 

"Benang merahnya sudah ditemukan bahwa salah satu importir melakukan penimbunan sebanyak 150 ton bawang putih. Mudah-mudahan dengan 150 ton digelontorkan ke distributor, harga bisa kembali normal di Rp 32 ribu," ucapnya. 

Hingga Maret 2020, ketersediaan bawang putih untuk Kota Bandung ditambahkan Eli aman terkendali. Karena Kota Bandung memiliki delapan distributor bawang putih dengan stok melimpah. (yogo triastopo)