Disdukcapil Kota Bandung Terus Lakukan Percepatan Pencetakan

Disdukcapil Kota Bandung Terus Lakukan Percepatan Pencetakan

UPAYA Peningkatan pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung menggelar kegiatan percepatan pencetakan KTP-el selama 20 hari, tepatnya tanggal 1 hingga 20 Februari 2020 mendatang.

Melalui kegiatan percepatan pencetakan itu, diharapkan masyarakat pemohon KTP elektronik yang sudah menunggu hingga berbulan-bulan dikarenakan terbatasnya blanko dapat segera mendapatkan hak akan dokumen identitasnya.

Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong W Nuraeni mengungkapkan, salah satu terobosan dalam meningkatkan pelayanan, Disdukcapil Kota Bandung menggelar kegiatan percepatan pencetakan KTP elektronik.

Kegiatan tersebut menurut Popong dilaksanakan selama 20 hari tepatnya tanggal 1 hingga 20 Februari 2020 mendatang. "Selama 20 hari masyarakat pemohon KTP elektronik yang sudah menunggu berbulan-bulan Insya Allah akan segera mendapatkan hak akan dokumen identitasnya," ungkap Popong.

Lebih lanjut Kepala Disdukcapil ini menjelaskan, sesuai dengan data permohonan pengajuan pencetakan KTP-el hingga tanggal 31 Januari 2020, tercatat sebanyak 104.080 permohonan. Adapun permohonan tersebut terdiri dari SUKET sebanyak 77.426 dan permohonan KTP-el baru yang telah berstatus PRR (print ready record) sebanyak 26.654.

"Hingga tanggal 11 Februari 2020, jumlah KTP-el yang telah dicetak sejumlah 70.413. Sisa permohonan KTP-el tersebut akan dicetak secara bertahap maksimal hingga tanggal 20 Februari 2020. Setelah tanggal 20 Februari 2020, pengajuan KTP-el dan pencetakannya akan dilakukan secara reguler kembali," tambahnya.

Popong menambahkan, saat ini, masyarakat Kota Bandung dapat mengecek status pencetakan KTP-el dengan membuka menu ‘pencetakan KTP-el’ pada website Disdukcapil Kota Bandung (http://disdukcapil.bandung.go.id).

"Pada menu tersebut dapat dilihat daftar KTP-el yang telah dicetak dari tanggal 1 Mei 2018 hingga saat ini sesuai dengan Kecamatan dan Kelurahan masing-masing. Jika sudah mengetahui status pencetakan KTP-el, pemohon dapat mendatangi Kecamatan domisili masing-masing untuk mengambil KTP-elnya. Khusus untuk masyarakat pemohon yang melakukan perekaman di GEULIS Festival Citylink maupun BTC Fashion Mall, KTP-el dapat langsung diambil di lokasi GEULIS sesuai tempat perekaman." imbuhnya.

Sementara bagi masyarakat pemula yang belum melakukan perekaman lanjutnya, diimbau untuk melakukan perekaman di kecamatan sesuai domisili masing-masing. "Bisa juga dilakukan di GEULIS (gerai untuk pelayanan istimewa) yang berada di Festival Citylink atau BTC Fashion Mall, maupun melalui program MEPELING yang sudah terjadwal. Jadwal MEPELING tersebut dapat pula dicek melalui media sosial disdukcapil (@disdukcapilbdg)," pungkasnya.(*)