Ratusan Atlet Pencak Silat Pelajar se-Jabar Siap Bersaing

Ratusan Atlet Pencak Silat Pelajar se-Jabar Siap Bersaing
Foto: Okky Adiana

INILAH, Bandung - Ratusan atlet Pencak Silat se-Jawa Barat siap bertarung dalam Kejuaran Pencak Silat Tingkat Pelajar Fourteenagers Open Championship 2020 di Gedung Serba Guna (GSG) USB YPKP pada 13-15 Februari 2020. Mereka memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Bandung.

Rektor USB YPKP Bandung Asep Effendi mengatakan, setelah perjalanan panjang mendapatkan pengakuan internasional pencak silat sebagai warisan budaya tak benda, berkewajiban untuk dilestarikan salah satunya dengan digelarnya kejuaraan pencak silat.

Selain itu juga ungkap Asep, ada kewajiban untuk meningkatkan prestasi pencak silat, khususnya dikalangan akademik.

"Bahkan tahun ini dimana kita luncurkan untuk kejuaraan ini lebih kurang 10 beasiswa. Kita keluarkan dengan nilai sekitar Rp.500 juta. Jadi mereka akan kuliah disini gratis dari mulai masuk," ucapnya di sela pembukaan Kejuaran Pencak Silat Tingkat Pelajar Fourteenagers Open Championship 2020, Kamis (13/2/2020).

Dia menambahkan, dengan adanya kepedulian pihak akademik atau kampus dapat meningkatkan prestasi olahraga sekaligus kualitas akademik.

"Jadi mereka olahraganya berprestasi dan didampingi kualitas akademik yang bersertifikat sarjana. Penerima beasiswa bebas mau memilih jurusan apa kita bebaskan mereka untuk memilih,"ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang hadir mengatakan, kompetisi  bukan sekadar menguasai teknik, namun juga mental. Semakin sering bertanding, dia mengakui mental para atlet akan terbangun dan semakin baik. 

"Mudah-mudahan semakin banyak lahir atlet-atlet yang berbakat untuk bisa mengikuti nanti single event ataupun multievent tingkat regional nasional bahkan internasional," tandas Yana. (Okky Adiana)