Setiawan Wangsaatmaja Dikenal Bersih, Kiprahnya untuk Jabar Sangat Dinantikan

Setiawan Wangsaatmaja Dikenal Bersih, Kiprahnya untuk Jabar Sangat Dinantikan

INILAH, Bandung- Posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat akhirnya terisi. Mantan Deputi Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN RB Setiawan Wangsaatmaja yang akan mengemban tugas itu.

Setiawan bakal dilantik Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Jumat (14/2/2020) besok.

Anggota DPRD Jabar dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Abdul Hadi Wijaya memberi komentar terkait terpilihnya Setiawan menjadi Sekda Jabar. Dia menilai Setiawan merupakan sosok yang ideal untuk memegang amanah posisi sekda. 

"Pak Setiawan ini seorang pejabat karir yang dikenal bersih dan memiliki wawasan yang luas," ujar Hadi, Kamis (13/2/2020).

Menurut Hadi yang juga Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar ini, Setiawan adalah sosok yang paham mengenai pengelolaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang jumlahnya puluhan ribu. Juga memiliki jejaring hingga ke tingkat nasional.

Terlebih, lanjut Hadi, Setiawan pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar.

"Sehingga kami berharap ke depan di sektor sektor yang belum tertangani dnehan baik di Jabar bisa teratasi dengan kehadiran beliau sebagai orang nomor satu dari ASN Jabar," paparnya. 

Dia berharap, Setiawan sebagai Sekda dapat memimpin ada ASN dan memberi keteladanan tentang netralitas, profesionalitas. Serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang dapat menjembatani.

"Satu sisi kepada pimpinan daerah gubernur dan wakil gubernur dan kepada mitra gubernur yaitu DPRD disisi lain juga kepada ASN esselon tiga dan dua ke bawah. Juga kepada pemerintah pusat," paparnya. 

Pihaknya menunggu Setiawan mampu menjadikan Jabar menjadi kian baik. "Selamat bekerja pak Iwan kami menunggu dengan optimis kiprah bapak untuk Jabar," pungkasnya.

Diketahui Setiawan sendiri akhirnya duduk sebagai Sekda Jabar setelah sebelumnya hasil seleksi terbuka Pejabat Tinggi yang digelar mendudukkan dirinya bersama Jerry Yanuar (Kepala BKD Jabar) dan Dedi Taufik (Kadisparbud Jabar) sebagai tiga besar kandidat.

Ketiga nama tersebut lantas diserahkan panitia seleksi ke Istana Negara untuk disetujui oleh Presiden Jokowi. (riantonurdiansyah)