Iwa Hilang, Iwan Terbilang, Hari Ini Sekda Definitif Jabar Dilantik

Iwa Hilang, Iwan Terbilang, Hari Ini Sekda Definitif Jabar Dilantik
Setiawan Wangsaatmaja. (Istimewa)

INILAH, Bandung- Setiawan Wangsaatmaja dijadwalkan dilantik sebagai Sekretaris Daerah Jawa Barat, Jumat (14/2) ini. Orang baru yang tak sepenuhnya baru.

Tujuh tahun lalu, dia meninggalkan Gedung Sate. Kini, Setiawan Wangsaatmaja kembali lagi ke pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat itu. Pergi dalam kapasitas pejabat eselon II, pulang sebagai eselon I. Terakhir menjabat Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD), kini dia jadi Sekretaris Daerah Jawa Barat.

“Pak Setiawan ini seorang pejabat karir yang dikenal bersih dan memiliki wawasan yang luas,” ujar Abdul Hadi Wijaya, anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Kamis (13/2), menyambut bergabungnya kembali Setiawan.

Hadi, cicit pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy’ari itu cukup mengenal kinerja Iwan, begitu dia sering menyebut Setiawan. Sebab, dia termasuk orang lama di DPRD Jawa Barat.

Menurut Hadi yang juga Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar ini, Setiawan adalah sosok yang paham mengenai pengelolaan aparatur sipil negara (ASN) yang jumlahnya puluhan ribu. Juga memiliki jejaring hingga ke tingkat nasional.

Terlebih, lanjut Hadi, Setiawan pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar.

“Kami berharap ke depan di sektor sektor yang belum tertangani dengan baik di Jabar, bisa teratasi dengan kehadirannya sebagai orang nomor satu dari ASN Jabar,” paparnya kepada INILAH. 

Setiawan terpilih setelah melalui proses lelang terbuka. Dua kandidat sekda hasil lelang terbuka yang juga diajukan kepada Presiden adalah Dedi Taufik (Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat) dan Yerri Yanuar (Kepala BKD Provinsi Jawa Barat).

Kabar terpilih dan hendak dilantiknya Setiawan, sebelumnya disampaikan Gubernur Ridwan Kamil. Kepada wartawan, dia mengatakan Presiden Joko Widodo telah menetapkan Setiawan Wangsaatmaja sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat.

Sekretaris Daerah Jabar yang baru tersebut direncanakan akan dilantik Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, pada Jumat (14/2) di Gedung Sate Bandung. Dia mengisi posisi yang segera ditinggalkan Iwa Karniwa, Sekda Jabar Nonaktif, yang terlibat dugaan kasus suap terkait perizinan Meikarta.

Penunjukan Sekda Jabar didasarkan kepada Keputusan Presiden Nomor 31/TPA tahun 2020 tanggal 30 Januari 2020 tentang pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Surat Keputusan Presiden tentang pengangkatan sekda terpilih, diterima oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat pada 11 Februari 2020, sesuai surat pengantar dari Menteri Dalam Negeri tertanggal 10 Februari 2020.

“Surat Keputusan Presidennya sudah ada, dan dalam surat keputusan tersebut, Saya selaku Gubernur Jawa Barat diminta melaksanakan pelantikan kepada Sekda terpilih dalam waktu secepatnya,” katanya.

Emil pun mengucapkan selamat kepada sekda terpilih dan mengharapkan agar pejabat sekda yang baru selain loyal, juga harus mengenal Jawa Barat dengan baik, serta mampu meningkatkan sinergitas di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, untuk membantu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat mewujudkan visi Jabar Juara Lahir Batin.

Sekda Jabar terpilih, sebelumnya sempat berkarir di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Terakhir, ia menjabat Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD), sebelum kemudian pada April 2013 diangkat sebagai Deputi Bidang SDM Apararatur Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

Seperti Emil, harapan yang tinggi juga diapungkan kalangan DPRD Jabar terhadap Setiawan. Salah satunya seperti yang disampaikan Abdul Hadi Wijaya.

Dia berharap, Setiawan sebagai Sekda dapat memimpin ASN dan memberi keteladanan tentang netralitas, profesionalitas serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang dapat menjembatani.

“Satu sisi kepada pimpinan daerah gubernur dan wakil gubernur dan kepada mitra gubernur yaitu DPRD, di sisi lain juga kepada ASN eselon tiga dan dua ke bawah, juga kepada pemerintah pusat,” paparnya. 

Pihaknya menunggu Setiawan mampu menjadikan Jabar menjadi kian baik. “Selamat bekerja pak Iwan kami menunggu dengan optimis kiprah bapak untuk Jabar,” pungkasnya. (ing)