Puja-puji Pelatih Persis Solo untuk Persib Bandung

Puja-puji Pelatih Persis Solo untuk Persib Bandung
Foto: Bambang Prasethyo

INILAH, Solo – Pujian disampaikan Salahudin untuk Persib Bandung. Dia menilai Maung Bandung itu sebagai klub dengan kemampuan yang lengkap.

Salahudin adalah pelatih Persis Solo. Sabtu (15/2), pasukannya akan menjajal Persib di Stadion Manahan, Solo, dalam laga uji coba. Laga ini jadi pertandingan perdana di stadion yang proses renovasinya bahkan belum diresmikan.

Persib, bagi pelatih asal Banjarmasin ini, bukan klub yang asing. Berkali-kali dia berhadapan dengan Persib, baik dalam kapasitas pelatih kepala maupun asisten pelatih Barito Utara musim-musim sebelumnya.

“Persib saya pikir sebuah tim yang sudah lengkap. Mereka memiliki pemain asing yang bagus. Pemain lokalnya pun bagus,” ujar mantan gelandang Barito Putera itu, Rabu (13/2).

Bagi Salahudin, laga ini menjadi penting. Persis Solo adalah klub yang akan berlaga di Kompetisi Liga 2 musim mendatang. Memiliki stadion megah, mereka pun berambisi merumput di Liga 1, seperti tetangganya PSS Sleman.

Karena itu, dia pun menyebutkan Persis sudah menyiapkan tim untuk menjamu Persib. Laskar Samber Nyara itu melakukan persiapan serius meski pelatihan belum menuju performa puncak.

“Kami sudah persiapan, fisik, taktik, mental pemain untuk uji coba hadapi Persib nanti,” kata Salahudin.

Ia pun menginstruksikan kepada para pemainnya untuk bermain lepas dan belajar cara mengolah si kulit bundar di lapangan hijau. “Soal level, tentu saja Persib di atas kami. Tapi, di lapangan yang menentukan. Siapa yang mau kerja lebih keras, itu yang akan memenangkan pertandingan,” sebutnya.

Bagi Persib, laga ini, juga pertandingan berikutnya menghadapi PSS Sleman, adalah ajang untuk memantapkan skema permainan. Itu sebabnya, Pelatih Robert Rene Alberts membawa 26 pemain ke Solo.

Alberts membawa seluruh pemainnya. Termasuk di antaranya Geoffrey Castillion dan Wander Luiz, dua striker anyar mereka. Begitu pula Esteban Vizcarra yang tampil memesona pada uji coba terakhir menghadapi Barito Putera.

Alberts berniat menggunakan kesempatan uji coba di dua kota tersebut untuk mempersiapkan timnya menjelang bergulirnya Liga 1 musim ini. Pelatih Maung Bandung itu ingin memantapkan skema permainan dan formasi terbaik bagi Supardi Nasir dan kawan-kawan.

“Kami harus memberikan jam terbang kepada pemain yang lain. Tapi, sekarang saatnya kami lebih spesifik lagi untuk skema permainan,” kata Alberts.

Belum diketahui, apakah Albert kembali akan menjajal trio bek sentral atau kembali ke formasi semula, dua bek sentral dengan didampingi dua bek sayap kanan dan kiri. Saat menang 2-1 atas Barito Putera di Stadion si Jalak Harupat, dia mencoba memasang trio Nick Kupers, Fabiano Beltrame, dan Victor Igbonefo di jantung pertahanan. (muhammad ginanjar/ing)