Gedung Setda Bogor Terbakar, ASN Panik Berlarian

Gedung Setda Bogor Terbakar, ASN Panik Berlarian
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Kepulan asap membumbung di lantai tiga gedung Setda Balai Kota Bogor pada Jumat (14/2/2020). 

Hal itu membuat aparatur sipil negara (ASN) gedung Setda berhamburan keluar. Tim pemadam kebakaran (Damkar) Kota Bogor pun datang cepat tanggap berusaha memadamkan api dan petugas melakukan penyelamatan ASN yang masih terjebak dilantai empat.

Beruntung, ternyata hal itu merupakan simulasi tim Damkar di Kompleks Balai Kota Bogor. Dua unit pemadam kebakaran cepat tanggap dan segera tiba dilokasi serta melakukan simulasi pemadaman api. 

Selain itu, petugas Damkar Kota Bogor juga melakukan penyelamatan korban di lantai tiga dengan menggunakan teknik vertical rescue. Teknik tersebut menggunakan tali caramantel dan perlengkapan memanjat lainnya. Kemudian para korban dibawa menggunakan tandu untuk mendapat penanganan medis.

Kepala Bidang Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Satpol PP Kota Bogor Marse Hendra Saputra mengatakan, simulasi tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman dan memberikan kesiap siagaan kepada ASN serta para petugas yang ada di kantor Balai Kota Bogor.

"Dari hasil simulasi tersebut ada beberapa catatan dan evaluasi yang diberikab kepada karyawan. Diantaranya adalah kesiap siagaan para karyawan yang harus ditingkatkan ketika mengetahui ada bencana kebakaran," kata Marse.

Dia melanjutkan, evaluasi terhadap kegiatan simulasi pada hari ini respons dinilai masih belum baik. Pasalnya, saat kebakaran itu para ASN dan masyarakat justru berswafoto tanpa mengikuti prosedur yang ditentukan.

"Nah, saya berharap dengan adanya simulasi ini karyawan dan karyawati juga masyarakat bisa lebih siap siaga saat menghadapi bencana," pungkasnya. (Rizki Mauludi)