Tingkatkan Kinerja ASN, Setiawan Maksimalkan Merit System

Tingkatkan Kinerja ASN, Setiawan Maksimalkan Merit System
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja (tengah). (Rianto Nurdiansyah)

INILAH, Bandung- Sekretaris Daerah Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan akan memaksimalkan merit system guna mewujudkan visi misi gubernur.

Dengan format manajemen SDM tersebut dia optimis kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dapat lebih baik.

Hal tersebut disampaikan Setiawan usai pelantikan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (14/2/2020). "Saya rasa Jabar Juara ini kuncinya ada di SDM," ujar Setiawan. 

Setiawan mengaku banyak nilai yang akan dibawa untuk Jabar semenjak menjabat Deputi Bidang SDM Apararatur Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. Merit sytem, menurut dia, adalah salah satu andalan untuk meningkatkan prestasi ASN. 

"Ini yang akan menumbuhkan katakanlah rasa persaingan, bagi yang punya prestasi lebih berprestasi. Yang kurang berprestasi dia akan mengejar agar lebih berprestasi," kata dia.

Selain itu, pria karib disapa Iwan ini pun memastikan untuk menghadirkan netralitas di tubuh ASN. Hal itu tertuang dalam undang-undang dan kode etik yang mesti dipegang teguh.

Terlebih, Iwan pun terlibat tatkala undang-undang ASN tersebut dibuat.

"Dan salah satunya kan dalam menyusun itu saya terlibat, jadi saya sangat ingat betul. Kalau ASN itu terlibat dalam politik praktis saya stop," katanya.

Namun Iwan mengatakan, tugas dan fungsi sekda yang utama adalah membantu kepala daerah, baik itu gubernur maupun wakil gubernur. Khususnya, dalam penyusunan kebijakan maupun koordinasi administartif untuk OPD. 

"Tentu saja harapan yang paling utama adalah bagaimana kita bisa bersinergi satu sama lain. Jadi saya sebagai sekda harus punya peran bagaimana membantu kepala daerah untuk mensinergakan seluruh OPD," jelas dia. 

Lebih lanjut, Iwan pun merasa tidak asing dengan roda pemerintahan di Pemprov Jabar. Mengingat dia pernah menjabat Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jabar. 

'Bagi saya Jabar tidak asing lagi. Kemarin kita sama sama dengar visi visi Pak gub dan Pak wagub terutama harus saya aplikasikan dan kita jalankan," pungkasnya. (Riantonurdiansyah)